Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

07 January 2018

Makanan Agar Anak Cerdas, Ibu Hamil Wajib Tahu!

agar bayi pintar
Setiap ibu hamil muda pasti berharap anak yang dikandungnya terlahir dengan berkulit putih dan terlahir sebagai anak cerdas.  Selama masa kehamilan aktifitas dan kebiasaan yang dilakukan ibu sangat berpengaruh terhadap bayi yang sedang dikandungnya.  Mulai dari makanan, minuman kondisi emosional ibu bisa mempengaruhi kesehatan bayi dan kelancaran ketika proses persalinan.

Besar harapan anak yang terlahir memiliki ciri-ciri anak cerdas.  Oleh karena diperlukan usaha dan tips jitu agar anak cerdas dan pintar yang harus kita mulai sejak bayi di dalam kandungan.  
Menu Makanan Sehat harus dijadwal Agar Anak cerdas dan pintar
Salah satu yang memiliki peranan penting yaitu asupan ibu hamil.  Apa saja menu makanan sehat yang harus dikonsumsi ibu hamil muda agar bayi cerdas?  Berikut adalah makanan yang harus dikonsumsi
  • Ikan Salmon

Ikan salmon sangat bagus untuk perkembangan otak bayi.  Ikan salmon banyak mengandung Omega-3.  Agar kandungan Omega-3 nya masih tetap fresh maka proses pengolahan ikan salmon harus diperhatikan dengan baik.  Cara terbaik yang digunakan yaitu dengan merebusnya bukan dengan menggorengnya.  Sebaiknya tidak menggunakan bahan tambahan penguat rasa ataupun penyedap-penyedap lainnya.  Sajikan dengan pengolahan secara alami tentu akan lebih baik.
  • Telur

Choline yang terkandung di dalam telur sangat baik untuk membantu perkembangan otak anak.  Telur tentunya sangat mudah untuk kita dapatkan dan bisa dijadikan nutrisi untuk ibu hamil agar anak terlahir dengan cerdas dan pintar.
  • Olahan Susu

Susu memiliki nutrisi dan vitamin yang sangat bagus untu ibu dan bayi.  Kebutuhan akan nutrisi untuk perkembangan tulang terutama tulang-tulang bayi bisa kita dapatkan melalui produk olahan susu.  Selain itu susu juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang ibu yang sedang hamil.  Vitamin B, magnesium, zat besi, probiotik yang diperlukan oleh tubuh bisa kita dapatkan dengan rajin minum susu.
  • Minyak Ikan

Nutrisi agar anak bisa terlahir dengan cerdas dan pintar yaitu bisa kita dapatkan dengan rutin minum minyak ikan.  Minyak ikan untuk sekarang bukanlah sesuatu yang sulit untuk kita dapatkan.  Minyak ikan sudah banyak dikemas dalam bentuk kapsul sehingga lebih praktis dan sangat baik terutama untuk ibu yang sedang hamil muda.
  • Ubi

Untuk menjaga kesehatan bayi yang masih di dalam kandungan, maka ubi bisa dijadikan makanan pilihan bagi para ibu hamil.  Di dalam ubi ternyata banyak mengandung vitamin A. Ubi bisa kita kreasikan sebagai menu sarapan pagi.  Selain itu ubi juga kaya akan serat sehingga sangat baik untuk pencernaan.  Bagi ibu hamil jangan lupa untuk sarapan pagi dengan ubi.
  • Strawbery atau berries

Buah-buahan merupakan menu makanan sehat ibu hamil.  Jangan lupa untuk menyantap berries agar daya tahan tubuh bayi tetap terjaga.  Buah berry banyak mengandung vitamin C.
  • Menu Kacang Polong

Kacang polong sangat baik untuk menjaga kekuatan ibu hamil dan tentu bayi yang masih dalam kandungan.  Kacang polong sangat baik untuk menjaga berat badan ideal.  Proses persalinan yang cukup berat bisa kita  antisipasi dengan rutin makan kacang polong sehingga ibu akan tetap fit.  Untuk penyajiannya bisa kita kreasikan dan dijadikan menu makanan sehat ibu hamil.
  • Sayuran

Sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil muda yaitu antara lain bayam, brokoli dan sayuran yang sifatnya gelap.  Menu sayuran harus disajikan tiap  hari.  Sayuran banyak memiliki kandungan antioksidan.  Selain itu sayuran juga mengandung Vitamin A, Calcium, pottasium yang tentunya ini sangat diperlukan oleh ibu hamil.  Seratnya yang tinggi sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.
  • Buah Alpukat

Vitamin K dan Vitamin E bisa dengan mudah kita temui pada buah Alpukat.  Penyajian Alpukat sendiri sangat mudah.  Ia bisa dijadikan jus sebagai minuman pendamping ibu hamil.
  • Daging

Ibu hamil juga memerlukan makanan yang banyak mengandung zat besi dan protein tinggi. Hal ini bisa kita dapatkan pada daging-dagingan.  Yang paling baik adalah daging tanpa lemak.  Dalam mengolah daging juga harus diperhatikan dengan baik dan pilihlah daging yang masih segar.


Menu makanan sehat untuk ibu hamil muda harus kita ketahui dengan baik.  Sajikan secara rutin dan hindari menambah makanan dengan MSG ataupun bahan-bahan kimia lainnya. Makanan yang alami akan sangat baik untuk membantu bayi yang masih di dalam kandungan agar terlahir dengan gen cerdas dan pandai.

Selain dengan menyiapkan menu makanan sehat untuk ibu hamil, agar anak cerdas maka para orangtua juga harus banyak doa.  Setelah usaha maka doa agar  anak shaleh, sehat cerdas dan pintar harus senantiasa kita panjatkan.  Semoga dengan memperbanyak doa selama menjalani masa kehamilan akan dihindarkan dari hal-hal negatif yang tidak kita ketahui.  Bayi cerdas dan pintar tentunya adalah harapan kita semua.
Back To Top