Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

30 May 2018

7 Cara Kreatif Agar Anak Suka Ramadhan

anak ramadhan
ilustrasi ramadhan
Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa yang di dalamnya banyak sekali fadilah-fadilahnya. Bagi seorang muslim, bulan Ramadhan merupakan bulan yang harus memberikan kesan positif. Bagi anda yang sudah berkeluarga tentunya banyak cara yang bisa kita lakukan agar anak-anak memiliki kesan positif akan bulan Ramadhan.  Tentunya kesan positif akan lebih dikenang oleh anak hingga usia dewasa.

Oleh karena itu hendaknya para orang tua harus bisa menyiasati dengan banyak melakukan kegiatan positif bersama anak baik itu kegiatan di luar maupun di dalam lingkungan  keluarga.  Dengan banyaknya kegiatan yang diiringi dengan kebersamaan dengan anak tentunya hal ini akan lebih mampu untuk membangun kedekatan antara orangtua dan anak.  Pastinya tiap orang tua menginginkan hubungan yang baik antara orang tua dengan anak.  Nah berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan yang bisa kita lakukan agar bulan Ramadhan bisa berkesan untuk anak

1.  Menata ulang rumah dengan semarak Ramadhan

Agar Ramadhan menjadi bulan yang spesial maka hal yang bisa kita lakukan yaitu dengan 
mendekorasi ulang tata rumah kita.  Kita bisa bekerja sama dengan anak dalam menata ulang rumah.  Misalnya adalah dengan meminta anak untuk membantu merapikan mainannya.  Kita bisa meminta anak untuk memisahkan mainan yang sudah usang.  Selain itu agar Ramadhan terasa seru kita bisa mendekorasi rumah kita dengan tema-tema Ramadhan.  Ajak anak untuk membuat poster ataupun menempelkan gambar tentang Ramadhan pada dinding rumah.

2.  Membuat jadwal gerakan membaca buku untuk anak

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang pas untuk membacakan anak-anak tentang kisah-kisah inspiratif islami.  Buku yang bisa kita pilih bisa bertema tentang kisah para Nabi ataupun kisah tentang para Sahabat Nabi.  Dengan menyempatkan waktu membacakan buku kepada anak hal ini akan membangun kedekatan antara orang tua dan anak.  Selain itu dengan membacakan buku yang Islami akan menguatkan keimanan anak dan memeperluas pengetahuan agamanya.

3.  Melakukan kegiatan sosial

Bulan Ramadhan merupakan bulan berbagi, oleh karena itu bisa kita jadikan sebagai latihan anak untuk saling berbagi dengan sesama.  Selain itu kita bisa melatih anak untuk selalu berinfak dan bersedekah ke masjid.  Apabila ada even-even kegiatan sosial maka kita bisa mengajak anak untuk berperan serta, misalnya adalah Takjil On the Road, Buka puasa bersama anak yatim dan lain sebagainya.

4.  Menyiapkan menu buka puasa keluarga

Masih ada siasat lain yang bisa kita gunakan untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadhan apabila si buah hati belum kuat berpuasa.  Caranya yaitu mengajak bersama untuk menyiapkan menu buka puasa bersama keluarga.  Hal ini akan membuat anak merasa terlibat dalam kegiatan menyemarakan Ramadhan.  Selain itu kita akan bisa membangun komunikasi dengan anak..

5.  Beribadah bersama ke masjid

Jangan lupa untuk mengajak anak beribadah shalat di masjid selama bulan Ramadhan. Latihlah anak untuk menunaikan ibadah yang disunnahkan yaitu shalat tarawih.  Hal ini juga akan melatih anak untuk bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar.  

6.  Kreatifitas membuat kartu Idul Fitri

Di bulan Ramadhan bisa kita isi dengan berkreatifitas bersama anak yaitu dengan membuat kartu ucapan selamat hari raya Idul Fitri.  Kartu ini bisa kita bagikan kepada saudara terdekat ataupun kita gunakan sebagai hiasan dinding sebagai reminder pengisi kegiatan Ramadhan.  Membuat kartu ucapan lebaran bersama anak tentunya akan sangat menyenangkan.

7.  Saling memberi dengan tetangga dekat

Untuk memperkuat dan menjalin tali silaturahim dengan tetangga maka kita bisa melatih anak dengan saling memberi.  Contoh yang sederhana misalnya adalah berbagi menu buka puasa.  Latihlah anak untuk memberikan menu buka puasa kepada tetangga ataupun kepada teman dekatnya.  Hal ini akan membangun rasa empati anak di bulan Ramadhan.
Marhaban Ya Ramadhan, kita sambut bulan Ramadhan dengan suka cita, bulan penuh makna dan bulan tarbiyah
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia, oleh karena itu agar anak merasakan meriahnya bulan Ramadhan harus kita isi dengan kegiatan-kegiatan yang positif dan membangun.   Dengan kegiatan bersama akan menjalin keakraban keluarga dan yang paling penting adalah anak akan merasakan indahnya di bulan Ramadhan.  Tujuannya akhirnya adalah anak bisa tumbuh menjadi anak yang sholeh dan berbakti kepada orang tua.
Back To Top