Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

20 November 2017

4 Ciuman dan 5 Sentuhan Kepada Anak yang Perlu Orangtua Lakukan

mengusap kepala anak

Setelah anak terlahir ke dunia maka kewajiban orang tua adalah merawat dan mendidiknya. Banyak cara dan kiat yang bisa kita lakukan agar kasih sayang orang tua bisa sampai kepada anak.  Tips praktis dan sederhana pun bisa kita praktekkan, termasuk salah satunya adalah 4 anggota tubuh anak yang perlu cium setiap hari.

Bagaimana caranya?  Menurut Dr Abdul Basit Abdul Rahman ada 4 bagian tubuh anak yang perlu kita cium setiap hari dan ada 5 sentuhan pada anak yang mesti kita lakukan agar terjalin ikatan yang kuat antara anak dengan orang tua.

Apa saja 4 hal dan 5 sentuhan tersebut berikut adalah uraiannya

4 ciuman pada anak
  1. Ciuman pertama adalah di ubun-ubun anak.  Selain menciumnya maka bacakanlah doa. Ciuman di ubun anak-anak menunjukkan rasa bangga kita terhadap kehadiran anak.
  2. Posisi berikutnya yaitu ciuman di dahi anak.  Mencium kening atau dahi anak menunjukkan bahwa kita sebagai orang tua ridha dan ikhlas bahwa mereka adalah anak kita.
  3. Selanjutanya yaitu memberikan ciuman di kedua pipi anak.  Hal ini menunjukkkan rasa sayang dan rasa rindu kita terhadap anak.
  4. Untuk yang terakhir yaitu ciuman pada tangan anak.  Ciuman terhadap tangan anak akan memunculkan rasa kasih sayang kepada anak.

Perlu diperhatikan bahwa ciuman pada bibir sebaiknya hanya diberikan untuk istri saja ataupun sebaliknya.

Untuk selanjutnya yaitu 5 sentuhan yang harus diberikan kepada anak
  1. Mengusap bagian belakang kepala anak memberikan arti bahwa hal tersebut sebagai tanda belas kasih agar anak merasa diperhatikan dan merasa terlindungi.
  2. Mengusap bagian atas kepala anak atau pasnya adalah posisi ubun-ubun anak.  Hal ini juga menunjukkkan bahwa kita merasa bangga terhadap anak.
  3. Mengusap bagian dahi untuk menumbuhkan rasa sayang dan rasa rindu kepada anak-anak kita
  4. Mengusap kedua pipi anak juga akan menumbuhkan rasa kasih sayang yang tulus
  5. Memegang erat kedua belah tangannya.  Hal ini bisa kita lakukan ketika anak sedang merasa sedih dan hal ini akan bisa memberikan ketenangan pada hati anak.

Sebagai tambahan adalah memberikan usapan pada dada anak manakala anak sedang marah.  Hal ini juga akan memberikan ketenangan pada anak.
Kasih Sayang Terhadap Anak Merupakan Kewajiban Orang Tua
Cara-cara di atas merupakan kita yang sederhana namun akan memberikan kesan yang bagus terhadap perkembangan anak.  Karena setiap para orang tua menginginkan anaknya tumbuh percaya diri dan penuh rasa kasih sayang.  Rutinkan hal tersebut di dalam lingkungan keluarga.
Back To Top