Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

28 January 2016

Tips Menjaga Kesehatan Hamil Muda Agar Sehat

Menjaga kehamilan pada trimester awal atau masa kehamilan muda harus diperhatikan dengan baik. Pada masa-masa hamil muda janin belum begitu kuat dan janin beresiko keguguran.  Banyak faktor penyebab yang bisa menyebabkan keguguran selama masa hamil muda ini.  Perlu diketahui bahwa peluang keguguran diawal masa hamil muda ini sangat tinggi yaitu hampir mencapai 40%.  Ini merupakan angka yang cukup tinggi.

menjaga hamil muda
Faktor keguguran diawal masa kehamilan berkaitan erat dengan faktor hormonal, pola hidup, penyakit leukimia dan asupan makanan yang dikonsumsi ibu hamil.  Oleh karena itu para wanita hamil harus mengetahui dan memahami dengan baik tips dan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat dan mencapai masa persalinan secara normal.

Cara dan tips dalam menjaga selama masa hamil muda

1. Menjaga makanan sehat

Makanan sangat berpengaruh terhadap kesehatan.  Sebaiknya wanita hamil muda harus sering mengkonsumsi makanan-makanan sehat dan alami agar kebutuhan nutrisi untuk ibu dan bayi tetap terjaga.  Hindarilah mengkonsumsi makanan yang tidak memiliki kandungan nilai gizi ataupun makanan yang tidak jelas kandungan nutrisinya.  Hal ini bisa kita lihat dengan daftar isi makanan yang biasanya tercantum dalam bungkus makanan.

2. Jauhi merokok dan obat-obatan

Merokok lebih banyak sisi negatifnya bila dibandingkan dengan manfaat yang didapat.  Ibu yang sedang hamil muda sebisa mungkin hindari aktifitas merokok baik itu perokok aktif ataupun perokok pasif.  Sangat beruntung apabila suami ikut program bebas area rokok di lingkup keluarga.

Untuk menjaga kesehatan selama hamil muda sebaiknya bunda menghindari mengkonsumsi obat-obatan yang tidak direkomendasikan oleh dokter. Jangan anggap remeh efek dari obat-obatan yang ada di sekitar kita termasuk obat ringan.

3. Banyak istirahat

Ibu yang sedang hamil muda harus banyak beristirahat dan hindari melakukan kegiatan yang banyak menguras tenaga.  Faktor kelelahan yang berlebihan bisa menyebabkan keguguran.  Namun hal ini bukan menjadi alasan wanita hamil muda banyak menghabiskan waktu untuk tidur.  Istirahat dan aktifitas sehari-hari harus seimbang agar kesehatan ibu tetap terjaga dengan baik.

4. Hindari stress

Menjaga pikiran tetap semangat dan optimis adalah salah satu cara yang baik agar kesehatan selama kehamilan tetap dalam kondisi prima.  Hindari beban pikiran berat yang berakibat stress.  Ciptakan suasana yang nyaman dan kondusif dalam lingkungan keluarga.

Keguguran dimasa-masa hamil muda bisa kita hindari sedini mungkin.  Lakukan dan praktekkan cara dan tips dalam menjaga kesehatan kehamilan.  Berikan yang terbaik agar bayi yang dikandung terlahir dengan normal dan tentunya terlahir dengan bayi yang sehat dan bunda terhindar dari resiko kematian pasca melahirkan. Kerjasama yang baik antara ayah dan ibu tentunya juga harus dilakukan.
Back To Top