Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

26 January 2016

Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Buah kelapa memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan.  Di Indonesia buah kelapa akan sangat mudah untuk kita temukan.  Namun tahukah anda bahwa ternyata air kelapa memliki banyak manfaat.  Untuk ibu dan wanita yang sedang hamil harus tahu manfaat yang didapat dengan minum air kelapa.

manfaat air kelapa untuk ibu hamil
Wanita hamil memerlukan makanan yang sehat untuk memenuhi kebutuhan penting gizi terutama untuk ibu dan bayi.  Ada beberapa jenis makanan yang memiliki manfaat untuk kesehatan selama proses kehamilan.  Biasanya salah satu makanan yang sering disukai para ibu hamil yaitu air kelapa.  Minum air kelapa yang cukup selama kehamilan akan sangat membantu untuk mempertahankan tingkat kadar cairan harian di dalam tubuh.  Minum air kelapa adalah cara yang bagus untuk membantu tubuh tetap terhidrasi.

Perlu diketahui bahwa air kelapa memiliki banyak kandungan yang penting bagi tubuh.  Air kelapa banyak mengandung elektrolit, klorida, magesium, kalsium, riboflavin dan vitamin C.  Selain itu air kelapa juga termasuk makanan yang banyak mengandung serat.

Seperti dikutip dari Boldsky dengan mengkonsumsi air kelapa yang cukup selama hamil trimester pertama akan sangat membantu untuk mencegah adanya  morning sickness, sembelit, mencegah dehidrasi, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah infeksi saluran kemih dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

Beberapa manfaat minum air kelapa selama kehamilan

1. Mempertahankan asupan cairan harian tubuh

Wanita yang sedang hamil memerlukan lebih banyak cairan untuk memenuhi kebutuhan bayi yang masih dalam kandungan.  Air kelapa menyediakan tingkat cairan tambahan yang diperlukan oleh tubuh.  Hal ini juga membantu untuk meningkatkan volume darah dalam tubuh.

2. Menyediakan kecukupan elektrolit

Selama masa kehamilan, wanita memerlukan banyak elektrolit setelah air.  Ini membantu tubuh untuk tetap terhidrasi.  Kandungan air kelapa seperti natrium, kalsium dan kalium akan membawa muatan listrik ke dalam tubuh.  Hal ini juga membantu untuk menjaga tingkat cairan dalam tubuh.

3. Mencegah hipertensi

Ada beberapa wanita yang mengalami hipertensi selama masa kehamilan.  Hal ini tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan untuk ibu dan bayi yang masih dikandung.  Dengan mengkonsumsi air kelapa akan membantu dan memberikan efek relaksasi pada penderita hipertensi.  Hal ini juga akan menstabilkan tingkat tekanan darah.

4. Menjaga berat badan yang sehat

Air kelapa minim akan kandungan lemak dan kolesterol.  Hal ini tidak akan meningkatkan berat badan secara berlebih meskipun minum air kelapa.  Dengan minum air kelapa secara rutin akan membantu cek berat badan dan hal ini sangat penting bagi wanita yang sedang hamil.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat penting.  Minumlah air kelapa secara rutin dan hindari mengkonsumsi air kelapa secara berlebihan.  Dengan cukup minum air kelapa maka akan membantu ibu dan bayi yang sedang dikandung tetap sehat.
Back To Top