7 Manfaat Penting Membaca

manfaat membaca yang perlu kita ketahui

Membaca merupakan kegiatan yang sangat positif dan memiliki banyak manfaat.  Banyak sekali pilihan-pilihan buku yang bisa kita jadikan referensi bacaan sebagai media untuk menambah nutrisi otak kita.  Selain buku, media-media lain juga bisa kita jadikan sarana untuk dijadikan bahan bacaan.  Misalnya adalah internet, buletin, selebaran, koran, majalah dan lain sebagainya.  Sesuaikan minat baca dengan kesukaan agar kebiasaan membaca tetap terjaga.

Baca artikel: Mengajari anak membaca

Adapun manfaat yang bisa kita dapatkan dengan kegiatan membaca yaitu

1. Mengasah kemampuan otak untuk berpikir

Dengan sering otak diasah maka hal ini akan membuat kemampuan otak semakin meningkat daya pikirnya.  Dan membaca merupakan kegiatan yang sangat bagus sebagai media pengasah otak.  Agar kegiatan membaca terasa menyenangkan maka kita bisa memilih buku bacaan yang kita sukai.  Misalnya adalah buku tentang literatur, fiksi ilmiah, motivasi ataupun buku yang berkaitan dengan pengembangan diri.

2. Menguatkan pemahaman otak

Hal ini akan sangat dirasakan terutama bagi mereka yang masih sekolah.  Dengan membaca maka akan mampu meningkatkan pemahaman dalam berpikir untuk menyelesaikan persoalan. Karena para siswa ataupun murid-murid akan memiliki buku materi pelajaran.  Hasilnya akan berbeda manakala para siswa tidak pernah membaca buku materi pelajaran bila dibandingkan dengan siswa yang membaca buku materi pelajaran. Tingkat pemahamannya akan lebih kuat.

3. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan otak

Luasnya wawasan ataupun pengetahuan akan membuat otak lebih berpikir secara bijak. Dengan bijaknya berpikir maka akan membuat persoalan yang ada akan bisa diselesaikan dengan baik.  Selain itu dengan banyaknya wawasan dan ilmu yang dimiliki akan membuat hidup tetap survive dalam menghadapi kompleksnya permasalahan yang ada.

4. Meningkatkan kemampuan dalam menulis

Dengan luas dan banyaknya wawasan yang didapatkan dengan membaca maka secara tidak langsung hal ini akan membuat kemampuan menulis semakin meningkat.  Hal ini dikarenakan gagasan dan ide yang dimiliki lebih banyak dan variatif.  Selain itu kosakata yang dimiliki akan lebih banyak sehingga penyaluran melalui media menulis akan terasa lebih mudah.  Maka tak heran jika anak-anak usia dini terlebih dahulu diajarkan membaca agar tahap dalam proses belajar menulis menjadi lebih mudah.

5. Meningkatkan public speaking

Kegiatan membaca akan dapat meluaskan wawasan sehingga perbendaharaan kata dan pengetahuan akan menguatkan kemampuan verbal kita.  Menguatnya daya pikir, luasnya wawasan dan banyaknya kosa kata akan sangat mendukung dalam meningkatkan kemampuan berbicara di depan khalayak ramai.  Dan kekuatan kata-kata yang diucapkan akan mampu menyihir orang lain.  Dan hal ini akan bisa didapatkan dengan banyak membaca

6. Menguatkan tingkat konsentrasi

Membaca memerlukan konsentrasi sehingga jika kita sering membaca akan membuat daya konsentrasi kita menjadi lebih kuat.  Daya konsentrasi yang baik tentunya akan lebih membantu dalam menyelesaikan persoalan-persoalan secara baik dan obyektif.

7. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer

Dengan membaca maka akan melatih kerja otak sehingga otak tidak akan mudah terkena gangguan dan kehilangan memori.  Dan membaca akan mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.


Membaca memiliki manfaat yang sangat banyak.  Oleh karena membaca harus dijadikan kebiasaan dan kegiatan yang rutin dilakukan dalam keluarga.  Tumbuhkan minat baca pada anak agar anak bisa tumbuh dengan cerdas dan memiliki kemampuan berpikir yang baik. Manfaat membaca ini tentunya akan mampu meninfkatkan derajat hidup dan keilmuan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Manfaat Penting Membaca"