Otak Cerdas Anak dan Saluran Pencernaan yang Perlu Kita Ketahui

usus sumbu otak

Kecerdasan anak dan tumbuh kembang anak banyak dipengaruhi banyak hal.  Namun tahukah bahwa organ tubuh yang paling vital untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak dan memaksimalkan tumbuh kembang anak diawali dari kesehatan saluran pencernaan.  Oleh karena itu agar anak tumbuh menjadi anak yang cerdas dan memiliki fisik yang tahan penyakit harus menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Saluran cerna pada tiap manusia memiliki peranan penting.  Apa saja yang harus kita ketahui tentang pentingnya saluran cerna, berikut penjelasannya

Saluran pencernaan yang ada pada tubuh kita masih dianggap sesuatu yang biasa saja. Kebanyakan masih beranggapan bahwa saluran pencernaan hanya sebatas berfungsi sebagai organ mencerna makanan dan tempat menyerap nutrisi makanan yang biasa kita santap.  Perlu diketahui bahwa saluran cerna merupakan organ yang memiliki peranan penting dalam menjaga imunitas tubuh.  Karena pentingnya saluran pencernaan maka organ ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan otak dan pertumbuhan serta perkembangan anak.  Selain itu daya tahan tubuh berawal dari kesehatan pencernaan. Setidaknya 80% kesehatan tubuh tergantung dari kesehatan pencernaan.

Ada beberapa alasan yang menjadikan saluran pencernaan memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan tubuh.  Dalam saluran pencernaan terdapat kolonisasi bakteri baik, yang mana hal ini akan menentukan seberapa besar kemampuan tubuh dalam menjaga daya tahan terhadap penyakit. Oleh karena itu permasalahan penyakit pada anak, biasanya diawali dan diakibatkan dari saluran pencernaan yang bermasalah.

Untuk menentukan saluran pencernaan yang baik bisa kita ketahui dari kadar bakteri baik yang ada dalam saluran pencernaan.  Sedangkan untuk mengetahui saluran pencernaan yang tidak baik yaitu ditandai dengan banyaknya bakteri jahat yang terkandung dalam saluran pencernaan.  Untuk tanda-tanda lainnya yaitu bisa kita ketahui dari pertumbuhan dan perkembangan fisik anak.  Pertumbuhan dan perkembangan anak harus sesuai dengan usianya.  Selain itu saluran pencernaan yang baik maka anak akan jarang mengalami diare, muntah-muntah, sakit sebelum buang air besar (BAB), sembelit dan lain-lainnya yang berkaitan dengan saluran cerna.

Kesehatan saluran cerna anak dimulai sejak kelahiran anak hingga awal masa kehidupan anak.  Oleh karena itu pada masa ini, nutrisi yang paling baik untuk anak yaitu Air susu ibu. Kolonisasi bakteri baik yang terjadi di dalam saluran pencernaan sangat terbantu dengan asupan air susu ibu.  Berilah asi ekslusif selama 6 bulan pertama dan dilanjut hingga anak usia 2 tahun agar anak saluran cerna anak tetap sehat.  Sangat tidak direkomendasikan mengganti asi dengan susu formula dengan alasan apapun. Dalam asi banyak mengandung probiotik yang sangat penting untuk menunjang kesehatan saluran pencernaan anak.  Salah satunya adalah L. Reuteri yang dibutuhkan saluran pencernaan.

Untuk menjaga dan memaksimalkan saluran pencernaan anak maka cara lain yang harus kita lakukan yaitu dengan metode melahirkan secara normal.  Melahirkan secara normal akan membantu bayi mendapatkan kolonisasi bakteri baik.  Hal ini bisa didapatkan melalui saluran atau jalan lahir anak. Pastinya hal ini tentunya tidak akan didapatkan pada saat lahir dengan metode lainnya, misalnya adalah metode sectio.  Oleh karena itu usahakanlah anak lahir dengan metode normal agar anak memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan memiliki saluran pencernaan yang sehat pula.

Perlu kita ketahui bahwa ada sebuah istilah yang berbunyi "Gut Brain Axis".  Dalam bahasa Indonesia bisa kita artikan dengan "Usus sumbu otak". Hal ini mengindikasikan bahwa ada keterkaitan antara usus (saluran cerna) dengan perkembangan otak anak.  Usus dan otak akan terjalin komunikasi biokimia yang nantinya akan berpengaruh terhadap jumlah ataupun komposisi bakteri baik yang terdapat dalam saluran cerna tubuh.  Jika saluran pencernaan sehat maka ia akan memberikan sinyal kepada otak.  Hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan otak anak.  Jumlah komposisi bakteri usus pada tubuh dalam saluran pencernaan akan berpengaruh terhadap kemampuan usus dalam menyerap sari-sari dan nutrisi makanan.

“Sumber dari pada penyakit adalah perut. Perut adalah gudang penyakit dan berpuasa itu adalah obat” (Hadits Riwayat Muslim)

Saluran cerna pada anak seperti otak kedua anak.  Asi akan memiliki peranan besar dalam hal ini.  Oleh karena itu pastikan bahwa anak kita mendapatkan Asi ekslusif selama 6 bulan pertama dan dilanjutkan dua tahun berikutnya agar bisa sempurna.  Hal ini sangat penting karena keterkaitan antara saluran cerna dengan kecerdasan otak.  Oleh karena itu jaga kesehatan usus dengan menjaga pola makan dan jenis asupan makanan yang sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Otak Cerdas Anak dan Saluran Pencernaan yang Perlu Kita Ketahui"