Matikan Lampu Saat Tidur Malam


Tidur merupakan kebutuhan penting manusia baik mulai kalangan anak-anak ataupun orang dewasa.  Karena pentingnya tidur, tak sedikit orang yang mengalami permasalahan mulai dari susah tidur, tidur tidak nyenyak bahkan ada anak-anak yang mengalami tidur terlalu larut malam.  Padahal untuk ukuran anak-anak harusnya lebih banyak cukup tidur di waktu malam harinya.

Kebiasaan tidur tiap masing-masing individu berbeda-beda.  Ada yang suka tidur dengan lampu menyala, ada juga yang tidur di depan televisi dengan kondisi tv masih menyala. Selain itu ada juga yang tidur dan lebih suka dengan suasana gelap tanpa penerangan. Lantas suasana tidur bagaimanakah yang baik untuk kesehatan?

Tidur pada waktu malam hari sangat tidak dianjurkan dalam kondisi terang benderang dengan kondisi lampu yang masih menyala.  Karena tidur dalam suasana lampu masih menyala lebih rentan mendatangkan penyakit kanker, penyakit kardiovaskular, mengalami gangguan sistim metabolisme tubuh dan yang berat adlaah terkena penyakit diabetes atau kencing manis.

Menurut Dr Rachel Ben-Sclomo yang berasal dari Universitas Haifa menyarankan agar setiap kita yang terbangun pada waktu malam untuk tidak menyalakan lampu.  Menurut Dr Rachel cahaya lampu buatan akan bisa mempengaruhi terhadap sistem biologis tubuh yang mana sistem biologis sangat sensitif dengan pengaruh dari luar.

Dr Rachel juga menambahkan bahwa hal tersebut masih bersifat penemuan baru dan masih sebatas penelitian.  Walaupun begitu Dr Rachel tetap melakukan penelitian dan penganalisaan di beberapa daerah yang dilakukan secara mendetail.  Hasil penelitian yang dilakukan juga telah dilaporkan dalam Journal Cancer Genetics and Cytogenetics.

Para ilmuwan dan peneliti yang berasal dari Inggris dan juga Israel juga melakukan penelitian yang sama tentang dampak menyalakan lampu ketika malam hari. Hasil riset tersebut menyebutkan bahwa apabila cahaya lampu dihidupkan pada waktu malam hari maka akan bisa membuat ekspresi secara berlebihan dari sel-sel  yang berkaitan dengan pembentukan sel kanker.

Selain itu para ilmuwan juga memaparkan bahwa menyalakan lampu pada waktu malam hari walaupun cuma sebentar akan dapat menyebabkan perubahan biologis tubuh.  

Berikut adalah beberapa efek negatif ketika tidur dalam kondisi yang masih menyala:

1. Ketika lampu masih menyala sedangkan kita sudah tertidur maka kondisi seperti ini akan dapat menyebabkan terhambatnya produksi tubuh dalam membuat zat Melatonin.  Hormon Melatonin baru bisa terproduksi ketika suasana dalam kondisi gelap.

Fungsi dari hormon melatonin ini mencegah dan menghambat berkembangnya sel kanker dalam tubuh.  Oleh karena itu dianjurkan untuk mematikan lampu ketika sedang tidur di waktu malam.

2. Bagi ibu jika tidur dalam kondisi lampu nyala terang maka akan meninggikan resiko terkena penyakit kanker payudara.  Selain itu juga dapat memicu terjadinya kanker usus besar pada ibu.  Sedangkan bagi kaum lelaki, tidur dalam kondisi lampu tetap menyala dapat menyebabkan terjadinya kanker prostat.

3. Jika anak dibiasakan dari kecil tetap tidur dengan kondisi lampu tetap menyala maka akan memicu terjadinya penyakit susah gangguan tidur dan gangguan sistim metabolisme tubuh serta kemungkinan yang terbesar adalah memicu terjadinya penyakit diabetes melitus.

Selain lampu, ternyata nyala televisi ataupun perangkat elektronik yang bisa mengeluarkan sumber cahaya, misalnya komputer ataupun gadget juga patut diwaspadai.  Karena cahaya-cahaya tersebut juga bisa mengganggu ritme tubuh.  Akibat adanya gangguan ritme tubuh ini akan menyebabkan tidur menjadi kurang berkualitas dan kurang nyenyak.  Hal ini tentunya akan menimbulkan permasalahan dalam segi kesehatan.

Dalam kondisi tidur jika sumber-sumber cahaya tersebut tetap dibiarkan menyala maka akan dapat memperlemah kegiatan syaraf sehingga kualitas tidur yang baik tidak akan didapat.  Hal ini disebabkan karena sumber cahaya yang berasal dari televisi, komputer ataupun gadget akan merangsang syaraf yang membuat kita tetap terjaga dan akan meminimalkan produksi hormon melatonin.

Oleh karena itu agar mendapatkan tidur yang berkualitas dan agar hormon melatonin bisa bekerja dengan baik maka dianjurkan setiap kita untuk tidur dalam kondisi gelap.  Selain menghemat pengeluaran biaya listrik hal ini juga akan membuat badan tetap terjaga kesehatannya.

"Matikanlah lampu-lampu diwaktu malam jika kalian hendak tidur, dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian." (Hadits riwayat Bukhori, No. 6269)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Matikan Lampu Saat Tidur Malam"