Jenis Makanan Junk Food yang Harus Dihindari

junk food

Junk food harus dihindari untuk menjaga kesehatan.  Karena kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga dan harus menjadi prioritas utama baik itu kesehatan kita diri sendiri maupun kesehatan anggota keluarga terutama kesehatan anak-anak.  Jika kesehatan sudah terganggu maka banyak aktifitas sehari-hari yang akan menjadi terhambat.  Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan untuk menyembuhkan penyakit akibat sering makan makanan sampah.

Untuk membantu menjaga kesehatan berikut adalah beberapa jenis junk food dalam kehidupan sehari-hari yang harus kita hindari

1. Makanan jenis gorengan

Gorengan merupakan makanan yang memiliki kalori tinggi, kandungan lemak/minyak yang sangat tinggi dan kandungan oksida yang tinggi pula. Jika makanan jenis gorengan ini sering dikonsumsi bisa membuat terjadinya obesitas, penyakit jantung koroner bahkan hyperlipitdema.
Zat karsiogenik akan meningkat ketika proses penggorengan sehingga akan memicu terjadinya kanker.  Resiko ini akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan seseorang yang jarang makan gorengan.

2. Makanan dalam kalengan

Contohnya adalah buah dalam kalengan atau daging kalengan.  Kedua jenis ini akan memiliki nilai kandungan vitamin yang sudah rendah dan kandungan protein yang mengalami perubahan serta nilai gizi yang sangat jauh berkurang.

Kadar gula tinggi dalam buah kalengan akan sangat cepat diserap tubuh sehingga akan membuat kadar gula dalam tubuh menjadi cepat naik, akibatnya beban kerja pankreas akan menjadi lebih berat.  Selain itu ia juga akan memicu terjadinya obesitas akibat tingginya nilai kalori.

3. Makanan Asinan

Beban ginjal akan menjadi lebih berat dikarenakan kandungan garam dalam makanan asinan mengalami peningkatan diakibatkan proses pengasinan yang membutuhkan tambahan garam.  Efek negatif yang lainnya yaitu penyakit hipertensi, kanker hidung dan kanker tenggorokan akibat adanya penambahan Aminium Nitrit  yang sering ditambahkan dalam makanan asinan.

Sering mengkonsumsi makanan asinan juga akan memicu terjadinya radang lambung dan usus akibat tingginya kadar garam dalam makanan asinan.

4. Makanan daging yang diolah

Contohnya adalah ham, sosis dan lain-lain.  Pewarna makanan yang dikandungnya akan memberatkan kerja hati.  Dalam HAM sendiri akan memiliki kadar natrium yang tinggi dan jika dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah dan memberatkan kerja ginjal.

5. Daging berlemak dan jenis jeroan

Makanan jenis ini akan memiliki lemak jenuh dan kadar kolesterol yang tinggi.  Jika dikonsumsi secara berlebihan akan memicu terjadinya penyakit jantung koroner dan tumor ganas yang menyerang usus besar.

6. Makanan olahan keju

Jika sering dikonsumsi, makanan olahan dari keju akan menyebabkan naiknya berat badan yang diiringi dengan naiknya kadar gula darah.  Selain itu makanan olahan keju (cake keju bertelur) bisa menurunkan nafsu makan.

7. Mie instant

Mie instan tidak baik untuk kesehatan.  Kandungan dalam mie instan akan  memberatkan kerja pembuluh darah jantung, meningkatkan tekanan darah dalam tubuh dan mie instan juga banyak mengandung translipid.

8. Makanan yang dipanggang dan dibakar

Zat arang yang menempel pada makanan tersebut akan bisa memicu terjadinya penyakit kanker.

9. Makanan sajian manis beku

Contoh jenis makanan ini yaitu es krim, cake beku dan lain sebagainya.  Beberapa akibat negatif jika sering mengkonsumsi makanan jenis ini yaitu dapat menyebabkan kegemukan, mengurangi nafsu makan dan mengganggu kerja usus akibat suhu makanan tersebut sangat rendah.

10. Makanan manis kering

Jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan terjadinya tekanan darah tinggi, memberatkan kerja ginjal dan memberatkan kerja hati/hepar.  Hal ini disebabkan karena makanan manis kering mengandung zat karsiogenik dan mengandung esen yang tinggi.

Junk food atau makanan sampah harus dihindari dan sangat dianjurkan untuk tidak dikonsumsi secara regular terutama untuk anak-anak.  Anak-anak harus dibiasakan menghindari makanan cepat saji ini agar tidak membahayakan kesehatannya.  Masih banyak lagi makanan sehat jenis lainnya yang bisa dijadikan santapan sehari-hari. Sayangilah kesehatan kita dengan menghindari makanan junk food.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jenis Makanan Junk Food yang Harus Dihindari"