Tips Menjaga Kesehatan Anak Sejak Usia Dini

hidup sehat hidup bersih
Menjaga kesehatan anak merupakan kewajiban orang tua.  Kesehatan adalah salah satu aset yang sangat berharga karena kesehatan merupakan harga mahal yang harus tetap disyukuri dan dijaga dengan baik.  Kesehatan bagi anak-anak usia dini merupakan kebutuhan penting untuk membantu anak tetap beraktifitas dalam mengembangkan kecerdasannya.

Merawat kesehatan anak harus dimulai dalam lingkup keluarga dan dari hal yang terkecil.  Para keluarga khususnya para ibu harus memahami dengan baik kondisi lingkungan dan aktifitas anak untuk mengontrol kesehatan anak.  Karena biasanya anak belum memahami dengan baik beberapa penyebab penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Untuk membantu menjaga anak agar tetap sehat berikut ini adalah tips dan cara yang bisa diterapkan dalam lingkungan keluarga

1. Menjaga pola makan

Pola makan merupakan hal penting dalam menjaga kesehatan anak.  Segala kebutuhan tubuh harus tetap tercukupi dengan mengkonsumsi makanan-makanan sehat.  Yang paling baik adalah dengan menerapkan 4 sehat 5 sempurna.  Jika dirasa tidak mampu maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan tetap memilih makanan sehat dan halal.

Awasi dengan baik perilaku anak terutama kebiasaan anak mencari kudapan baik itu di rumah ataupun di sekolah.  Nasehati anak untuk tidak jajan sembarangan dan biasakan anak untuk tetap sarapan pagi sebelum beraktifitas ataupun sebelum berangkat ke sekolah.

Hal yang paling baik dilakukan adalah dengan menyiapkan makanan ataupun obat herbal di dalam keluarga antara lain misalnya, madu, minyak ikan, habbatusauda, kurma dan lain-lain.

2. Menjaga kebersihan

Salah satu penyebab menyebarnya bibit penyakit adalah lingkungan yang kurang bersih dan kotor.  Maka dari itu para orang tua hendaknya memperhatikan 

a. Kebersihan lingkungan terutama kebersihan rumah
b. Kebersihan anak baik itu kebersihan kuku, gigi dan anggota tubuh yang lainnya
c. kebersihan pakaian anak.

3. Memberikan istirahat yang cukup

Istirahat yang hendaknya diterapkan adalah istirahat siang dan istirahat malam.  Tidur siang merupakan aktifitas yang wajib ada karena efek positif terhadap kesehatan anak.  Selain itu kebiasaan tidur malam atau begadang wajib dihindari dan biasakan anak untuk bangun lebih awal (pagi)

4. Orang tua siap siaga

Hendaknya para orang tua menjadi orang tua yang siap siaga.  Kita harus cepat tanggap manakala anak terlihat tidak seperti biasanya, misalnya sakit.  Anak harus segera diberikan pengobatan dan perawatan jika sudah terlihat tanda-tanda sakit.  Dengan sigapnya tindakan orang tua akan mencegah keterlambatan dalam memberikan perawatan.

Menjaga kesehatan anak merupakan langkah penting untuk membantu anak tetap ceria dan berkembang secara pesat.  Tips dan resep sederhana dalam menjaga kesehatan anak bisa dilakukan sedini mungkin.  Ada baiknya para orang tua untuk tetap menambah wawasan dan ilmu di bidang kesehatan agar kesehatan keluarga tetap terjaga.  Hal yang bisa dilakukan bisa dengan ikut seminar, sekolah ataupun dengan banyak membaca buku-buku kesehatan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjaga Kesehatan Anak Sejak Usia Dini"