Contoh Acuan Standar Menyusun Kurikulum PAUD

Acuan standar kurikulum
Dalam menyusun kurikulum PAUD harus direncanakan dengan baik agar Kurikulum paud tersebut bisa dilaksanakan dengan baik oleh satuan sekolah.  Agar kurikulum PAUD bisa menghasilkan peserta didik yang berkualitas maka harus diperhatikan dengan baik acuan standar dalam menyusun kurikulum PAUD.

Nah untuk membantu dalam menyusun kurikulum PAUD maka di bawah ini adalah contoh Acuan standar dalam proses pembuatan kurikulum.  Walaupun sederhana semoga bisa membantu dalam pembuatan kurikulum tersebut. yang disarikan dari blog Dr. Hapidin (hapidin64.blogspot.com)

ACUAN STANDAR DALAM MENYUSUN KURIKULUM PAUD

Oleh : Hapidin

A. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP) merupakan salah satu komponen utama dalam memahami, menyusun dan mengembangkan program pembelajaran (bermain) pada satuan pendidikan anak usia dini. STPP menggambarkan kriteria (ukuran) normatif (rata-rata secara umum) pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan dicapai oleh anak pada rentang usia tertentu. Proses pertumbuhan anak yang mencakup pemantauan kondisi kesehatan dan gizi dapat menggunakan ukuran baku dalam Kartu Menuju Sehat (KMS). Adapun proses perkembangan anak usia dini pada berbagai dimensi perkembangan dapat ditemu kenali melalui karakteristik tingkat pencapaian perkembangan pada rentang usia tertentu yang mengikuti pola-pola umum dalam perkembangan. Pola karakteristik umum perkembangan ini menjadi ukuran normative yang bersifat generik (umum) yang harus diadaptasi dengan melihat perkembangan aktual pada masing-masing anak.

STPP sebagai acuan normatif telah disusun dalam bentuk pengelompokan usia anak pada berbagai aspek perkembangan sebagai berikut:

1. Tahap usia 0 - < 2 tahun, terdiri atas kelompok usia:

a. < 3 bulan
b. 3 - < 6 bulan
c. 6 - < 9 bulan
d. 9 - < 12 bulan
e. 12 - < 18 bulan
f. 18 - < 24 bulan

2. Tahap usia 2 - < 4 tahun, terdiri atas kelompok usia:

a. 2 - < 3 tahun
b. 3 - < 4 tahun

3. Tahap usia 4 - = 6 tahun, terdiri atas kelompok usia:

a. 4 - < 5 tahun
b. 5 - = 6 tahun

Berdasarkan kelompok usia tersebut disusun standar tingkat pencapaian perkembangan sebagai berikut :

Lingkup Perkembangan Tingkat Pencapaian Perkembangan

4 - < 5 tahun 5 - = 6 tahun

Mengingat artikelnya sangat panjang maka silakan copy kan link berikut ke browser anda membaca lebih detail tentang Acuan standar Menyusun kurikulum PAUD  

http://hapidin64.blogspot.com/2010/12/acuan-standar-dalam-menyusun-kurikulum.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Acuan Standar Menyusun Kurikulum PAUD"