Cara Mengatasi Anak Pacaran

cara anak pacaran
Apabila anak sudah mulai mengenal pacaran, maka kita sebagai orang tua harus mengawasi dengan baik anak kita.  Pembiaran anak berpacaran hanya akan membawa efek negatif yang bisa merusak masa depan anak.  Lantas bagaimanakah caranya mendidik anak jika anak sudah terlanjur pacaran?  Hal apa saja yang harus orang tua lakukan, terlebih anak masuk duduk bangku sekolah?

Mendampingi proses tumbuh kembang anak memang penuh tantangan, namun juga ada seninya dalam mendidik anak.  Di masa balita orang tua berkewajiban mendidik anak agar memahami konsep dasar moral dan akhlaq.   Masa kanak-kanak kita arahkan agar memahami konsep dasar  pergaulan dengan lingkungan.  Kemudian dimasa awal remaja (Puber), tugas kita mendampinginya menemukan jati diri.  Salah satunya agar lebih terarah dalam pergaulan sesuai syar'i.

Perlu kita pahami bahwa rasa suka dengan lawan jenis dimasa remaja, adalah hal yang wajar.  Maka kita tanggapi hal tersebut sewajarnya, fokus pada bagaimana memasukkan konsep-konsep pergaulan yang tepat dalam Islam ke dalam dirinya.

Pertama, dengan berusaha sejak dini selalu "dekat" dengan anak maka pola komunikasi pun akan dekat dan terbuka.  Dalam kondisi apapun anak akan menyampaikan segala isi hatinya.  Termasuk jujur bercerita mengenai rasa sukanya kepada temannya.  Saat itulah kita masukkan konsep yang benar tentang pergaulan Islam.

Mengenai pernyataannya bahwa pacaran membuat semangat belajar, ajaklah anak untuk menganalisa.  Sampaikan bahwa rasa semangat itu semu, yang ada justru sulit fokus dan konsentrasi pada kewajiban karena sering terkenang dan berangan tentang pacar.  Berikan contoh kasus (orang) terkait efek buruk pacaran, yang paling dekat dengan kehidupannya.

Kedua, sejak dini kita ikhtiarkan memilihkan lingkungan yang baik.  Sekolah yang Islami, kawan bermain yang tepat dan lain sebagainya.

Ketiga, mendampingi anak. Misalnya saat anak menonton TV, akses internet atau terkait kepemilikan gadget (HP, Ipad, tablet dan lain-lain).  Disaat ada tayangan TV berbau Pacaran, kita sampaikan bahwa itu tidak sesuai dengan adab pergaulan dalam Islam.  Sampaikan konsep syar'i juga nilai-nilai menaati perintah Allah dan menjauhi larangan-NYA.  Juga bahwa konsep itu yang terbaik bagi kehidupannya.  Sehingga tertanam dalam benaknya kebanggaan menjadi remaja muslim yang tidak pacaran.

Saat akses internet, tanamkan etika ijin dan keterbukaan.  Untuk Hand phone beri pengertian bahwa kepemilikannya sesuai kebutuhan, saat anak sudah paham pemanfaatannya dengan baik dan benar.  Sebelumnya dapat memakai HP ayah atau ibu.

Dengan kedekatan, dukungan lingkungan dan edukasi intens anak akan memahami kenapa Islam melarang pacaran, kemudian terkondisikan untuk tidak mendekatinya.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi apabila anak sudah  mengenal pacaran dengan lawan jenis.  Mencegah adalah lebih baik daripada anak terjerumus dalam pergaulan bebas yang mana saat ini sudah mulai terkesan didengung-dengungkan. Waspadalah dengan bahaya pacaran.

(Disarikan dari Hadila.com)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi Anak Pacaran"