Cara Agar Anak Semangat Pergi Sekolah

Cara dan tips anak semangat sekolah
Pergi ke sekolah bagi anak-anak bisa menjadi momok yang menakutkan baginya. Apalagi kalau anak mendapatkan pengalaman yang kurang menyenangkan di sekolah ataupun ketika masa-masa anak baru pertama kali masuk sekolah.  Sehingga tak sedikit para orang tua mengeluhkan kondisi anaknya yang tidak semangat untuk berangkat atau masuk sekolah.

Hal yang biasanya dilakukan anak ketika malas berangkat sekolah bisa dengan anak malas bangun, sulit diajak mandi bahkan anak cenderung rewel ataupun malah marah-marah kepada orang tua.  Pelampiasan anak untuk enggan masuk sekolah bisa jadi tiap anak akan berbeda-beda, tapi pada intinya sama yaitu anak tidak ada semangat untuk masuk sekolah.

Sebagai orang tua harus sabar dalam menghadapi anak yang sedang mengalami masa tidak semangat untuk sekolah.  Penggunaan kekerasan malah akan memberikan efek negatif yang nantinya akan bisa berpengaruh terhadap perkembangan anak.  Nah, untuk membantu para bunda agar anak kembali semangat masuk sekolah, berikut ini ada tips dan cara agar anak tetap semangat sekolah.

Cara dan tips yang bisa dipraktekkan

1. Banyak teman

Motivasi pertama yang bisa diberikan kepada anak adalah tentang lingkungan sekolah yang akan memberikan banyak teman.  Berikan penjelasan tentang enaknya banyak teman dan manfaatnya.  Ceritakan tentang kebaikan-kebaikan teman-temannya agar anak semangat untuk belajar ke sekolah.

Sebaiknya hindari dulu menjelaskan kepada anak tentang manfaat dari ilmu yang diberikan di sekolah.  Meskipun hal tersebut juga penting tapi ada saatnya hal tersebut bisa disampaikan kepada anak.  Menceritakan suasana di sekolah baik itu kondisi mainan di sekolah, bertukar cerita dengan teman lainnya, aneka permainan yang bisa dimainkan dengan teman lainnya akan memberikan citra bahwa sekolah itu menarik dan hal ini akan memberikan daya tarik tersendiri pada anak.

2. Learn is Fun

Anak-anak belum memahami dengan baik akan pentingnya ilmu di sekolah.  Oleh karena itu agar muncul ketertarikan anak dengan proses belajar di sekolah maka kita bisa mengajak anak belajar sambil bermain di akhir pekan.

Salah satu media yang bisa kita gunakan yaitu dengan mengajak anak jalan-jalan yang disesuaikan dengan pengetahuan di sekolah.  Misalnya ke kebun binatang, agrowisata ataupun museum.  Selama masa jalan-jalan tersebut maka kita akan bisa memberikan informasi dan pengetahuan secara umum kepada anak yang kita kaitkan dengan pelajaran di sekolah.

3. Mempelajari lingkungan sekolah

Hal ini bisa kita terapkan manakala anak baru memasuki sekolah pertamanya.  Karena biasanya anak akan merasa takut ketika hari pertama masuk sekolah.  Untuk mengurangi hal ini maka kita bisa mengajak anak-anak untuk berkeliling di sekolah dan mengenal lebih dekat tentang sekolah barunya.  Berikan hal-hal yang menarik tentang sekolah barunya.

4. Berikan sarapan kesukaan anak

Sarapan atapun makanan bisa menjadi hal yang menarik untuk anak agar anak mau bangun pagi.  Cobalah berkreasi dan tanyakan kepada anak tentang menu makanan yang disukainya.  Selain dengan menyediakan sarapan maka kita juga bisa membekali anak dengan makanan favoritnya.

5. Barang baru

Biasanya anak akan semangat manakala ada barang baru yang dimilikinya.  Manfaatkan hal ini dengan memberikan anak barang baru baik itu peralatan sekolah ataupun aksesori pakaiannya seperti sepatu atau tas.  Sisihkanlah sedikit anggaran untuk membeli barang baru karena anak akan menyukai hal-hal yang baru.

6. Mengantar anak

Luangkanlah waktu untuk mengantar anak ke sekolah.  Ciptakan suasana dalam perjalanan dengan suasana yang menyenangkan.  Kita bisa mengajak anak sambil mengobrol selama perjalanan ke sekolah.

7. Sapa dan sambut anak ketika pulang sekolah

Meskipun hal ini terlihat sepele namun hal ini akan mampu memberikan semangat kepada anak untuk tetap sekolah.  Sebaiknya hindari pertanyaan kepada anak tentang hasil akademisinya selama di sekolah, misalnya bagaimana nilai ulangannya, dapat juara atau tidak.  Tapi sebaiknya hal yang ditanyakan kepada anak adalah bagaimana sekolah anak, menyenangkan atau tidak.  Dengan menanyakan ini maka anak akan bercerita tentang keadaan dia di sekolah.  Dan tentunya anak juga akan menceritakan sendiri hasil akademisinya.

Berangkat ke sekolah harus dikondisikan dalam suasana yang 
menyenangkan agar anak tetap semangat belajar.  Hal yang terpenting adalah jalinan komunikasi antara orang tua dengan anak.  Kedekatan inilah yang nantinya akan membangun jiwa anak dan dengarkanlah segala keluhan yang disampaikan anak.  Tips dan cara membangkitkan agar anak tetap semangat berangkat ke sekolah bisa dipraktekkan dalam lingkungan keluarga kita.  Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Agar Anak Semangat Pergi Sekolah"