Sekilas Kurikulum 2013 Pendidikan Indonesia

Perkembangan jaman atau orde yang senantiasa berubah menjadikan perubahan merupakan keniscayaan.  Karena tanpa ada perubahan maka kurikulum lama tak mungkin bisa menyesuaikan jaman.  Efeknya hasil dari kurikulum tidak bisa maksimal sehingga tujuan utama dari pendidikan tidak bisa dicapai dengan baik.

Memang perubahan ataupun pergeseran kurikulum memerlukan sarana dan prasarana yang mumpuni.  Tanpa sokongan sarana dan prasarana yang baik maka akan sangat mustahil kurikulum 2013 yang baru bisa berjalan dengan baik.  Perubahan kurikulum hendaknya dapat dimengerti baik itu para guru maupun para peserta didik.  Kemakluman terutama kepada guru dan para aparat terkait yang mana penyesuaian kurikulum akan sangat terasa.  Tapi seiring waktu dan evaluasi selama penerapan kurikulum, pasti akan terbiasa dan pasti mampu untuk menjalankannya.

Seperti apa paradigma pergeseran belajar kurikulum 2013 yang dilansir dari situs resmi Pemerintah yaitu kemdikbud.go.id berikut ringkasannya

Tema pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus dilakukan.



kurikulum 2013
gbr.1  kemdikbud.go.id


skema kurikulum 2013
gbr. 2  kemdikbud.go.id
skema kurikulum 2013
gbr 3 kemdibud.go.id
Sedang gambar 1 adalah posisi kurikulum 2013 yang terintegrasi sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum 2013. Sudah barang tentu untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan kurikulum yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning. Pertanyaannya, pada pengembangan kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum yang berubah? Empat standar dalam kurikulum meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian akan berubah sebagaimana ditunjukkan dalam skema elemen perubahan.

Perubahan yang Diharapkan

Pengembangan kurikulum 2013, selain untuk memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pada kurikulum 2006, bertujuan juga untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan meng­omunikasikan (mempresentasikan), apa yang diperoleh atau diketahui setelah siswa menerima materi pembelajaran.


skema kurikulum 2013
gbr 4 kemdikbud.go.id
Melalui pendekatan itu di­harapkan siswa kita memiliki kom­petensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih ba­ik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada lima entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga kepe­ndidikan, manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat umum, yang diharapkan mengalami perubahan. Skema 2 menggam­barkan perubahan yang diharapkan pada masing-masing enitas.

Sudah menjadi tugas dan kewajiban Pemerintah untuk memperbaiki sistem pendidikan di Indonesia jika hasil dari sebuah kurikulum tidak bisa maksimal.  Dan perubahan kurikulum merupakan sebuah keharusan untuk menyesuaikan situasi dan kondisi agar proses kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan yang terbaik pula.

Sukses atau tidaknya sebuah kurikulum merupakan bahan evaluasi untuk perbaikan ke depan. Jika kurikulum belum berhasil dengan baik maka langkah perbaikan harus dilakukan, namun jika hasil sebuah kurikulum sangat baik maka layak untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan.  Kita semua berharap semoga kurikulum 2013 yang baru mampu untuk mencetak generasi bangsa Indonesia yang cerdas dan pintar sebagai sarana untuk meraih bangsa yang paling terdepan dalam segala hal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Kurikulum 2013 Pendidikan Indonesia"