Sekilas Hypnoparenting Dalam Mendidik Anak

Hypnoparenting dalam mengasuh anak
Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendidik anak dalam keluarga.  Salah satu cara dalam mendidik anak yang bisa kita terapkan yaitu mendidik anak dengan metode Hypnoparenting.  Karena masih sedkit sekali para orang tua yang menerapkan pola hypnoparenting.

Mempersiapkan masa depan anak merupakan tanggung jawab para orang tua.  Apa yang dilakukan dan diberikan hari ini akan sangat menentukan masa depan anak, oleh karena itu perhatikan dengan seksama segala apa yang telah kita berikan kepada anak meskipun hanya dalam hal yang sepele.  Termasuk dalam mendidik anak maka hypnoparenting merupakan salah satu langkah sederhana untuk membentuk anak agar perkembangannya menjadi maksimal.

Lalu apa hypnoparenting itu?  Hypnoparenting terdiri dari dua susunan kata yaitu Hypno dan parenting.  Cara mudah untuk memahami kata Hypno dapat diuraikan sebagai berikut.

Bayangkan sebuah Mangga segar dengan baunya yang wangi. Kemudian bayangkan pula ketika mangga tersebut dikupas dan dibelah lalu kita makan dalam suasana yang santai.  Maka reaksi yang akan diberikan tubuh kita yaitu berubahnya air liur menjadi encer dikarenakan membayangkan buah mangga tersebut.  Lalu yang akan menjadi pertanyaan adalah mengapa ketika buah mangga tersebut memang ada dalam genggaman kita maka tubuh juga akan memberikan reaksi yang sama seperti yang diceritakan di atas.  Seperti itulah gambaran mudah tentang Hypno.

Satu kata selanjutnya yaitu Parenting.  Parenting dapat diartikan secara mudahnya yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan peran orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak.

Jadi maksuddan tujuan dari HypnoParenting yaitu berusaha memetakan dan membuat sistemasi atas segala hal yang berhubungan dengan tugas sebagai orangtua ditinjau dari sudut pandang cara kerja pikiran dan pengaruhnya terhadap masa depan seorang anak. Mengapa kita meninjaunya dari sudut pandang cara kerja pikiran? Karena, segala sesuatu berakar dari pikiran. Manusia, anak sampai dewasa, melakukan segala sesuatu karena punya pikiran. Maka disinilah peran Hypnoparenting untuk mewujudkan anak sesuai dengan harapan para orang tua.

Sebagai contoh simpelnya yaitu mengapa bayi harus belajar berjalan? Hal ini dikarenakan lingkungan sekitarnya termasuk kita berjalan tegak.  Seandainya para orang tua berjalan merangkak maka otomatis anak juga akan belajar berjalan dengan merangkak pula.

Seperti itulah cara kerja Hypnoparenting yang bisa kita pahami dengan cara yang sederhana.  Maka dari itu secara tidak langsung para orang tua telah mempengaruhi pikiran bayi dengan tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Bayi akan menangkap hal tersebut dan merekam dalam memori bawah sadar anak dan anak pasti akan berlatih dan mencoba untuk dapat berjalan seperti apa yang dilihat di sekitarnya.  Karena masih tahap belajar maka bayi juga akan sering terjatuh dan bangun lagi.  Namun karena orang tua memberikan sugesti dan motivasi kepada anak,
"Ayo kamu pasti bisa nak!" maka lambat laun anak akhirnya akan bisa berjalan.

Hal ini akan berbeda hasilnya jika kita beri motivasi dan sugesti, "Halah pasti kamu tak bisa!" "Percuma nak pasti kamu juga gagal lagi!" dan kata-kata lain yang sepadan maka apakah bayi akan cepat bisa berjalan dengan lancar.  Pastinya bayi tidak akan mampu berjalan.  Dan seperti itulah cara kerja Hypnoparenting.  Maka dari itu perhatikanlah dengan baik apa yang telah kita contohkan kepada anak termasuk dalam hal yang sederhana karena anak pastinya akan meniru

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sekilas Hypnoparenting Dalam Mendidik Anak"