Mendidik Anak Hobi Baca Sejak Dini

hobi anak membaca buku
Ada banyak cara dan tips yang bisa kita lakukan agar anak mencintai buku sejak dini.  Salah satu cara yang bisa kita gunakan yaitu membangun kedekatan dengan anak.  Gunakan kesempatan ketika sedang bersama anak dengan membuka-buka buku.  Hal ini akan lebih baik bila dibandingkan anak dibiarkan begitu saja bermain sendiri sedangkan kita asyik di depan televisi ataupun bermain smartphone.

Banyak kesempatan dan waktu yang bisa kita gunakan sedimikian rupa untuk membantu membangun kecintaan anak dengan buku.  Momen ketika mau bobo ataupun pada waktu tidak ada kegiatan bisa kita gunakan untuk membaca buku bersama anak.  Sebaiknya hal ini dilakukan mulai sekarang agar hal tersebut menjadi kebiasaan sejak dini.

Kegiatan membaca buku bersama anak merupakan suatu kegiatan yang akan membangun kedekatan yang luar biasa.  Kiat dan tips sederhana tersebut akan lebih menumbuhkan anak untuk tumbuh menjadi seorang yang suka dengan buku.

Usia Bayi

Membaca buku tidak bisa kita paksakan kepada anak pada saat usia dini.  Namun pada saat bayi berusia 3 hingga 6 bulan bayi akan lebih tertarik untuk menggigit buku yang kita sodorkan kepadanya.

Lantas efek apa yang akan terjadi? Pada saat kita bersama-sama membolak-balikan lembar demi lembar halaman buku maka si bayi akan belajar mengasosiasikan buku dengan penuh rasa kenyamanan.  Pada saat tersebut bayi mulai belajar untuk memberi arti kepada buku yang sama-sama kita baca.

Usia Batita

Usia bayi dibawah 3 tahun sudah mulai menyukai buku dengan tema-tema yang sederhana.  Dan buku tipe ini banyak sekali beredar baik itu di pasaran maupun di toko buku.

Ketika bayi sudah memasuki usia 18 bulan maka anak sudah mulai memahami tentang hubungan suatu kata dengan sebuah benda, misalnya adalah piring sebagai tempat untuk makan.  Dan bayi sudah mulai menyenangi untuk mengetes kemampuan yang dimilikinya.

Usia Balita

Ketika bayi sudah memasuki usia 3 hingga 4 tahun sudah mulai menyukai untuk membaca.  Membaca akan menjadi sebuah kegiatan yang menarik baginya.  Mereka akan lebih menyenangi buku yang disertai dengan gambar.

Pada saat usia ini anak sudah mulai belajar kata dan frasa baru dengan penuh semangat.  Apalagi kalau kita menceritakan dongeng kepadanya.  Anak akan lebih menyukai cerita yang disertai dengan ekspresi baik itu mimik ataupun intonasi suara.  

Untuk mendidik anak agar menyukai buku sejak kecil haruslah dimulai sejak usia dini.  Lingkungan yang kondusif akan sangat membantu untuk menyukseskan anak senang dengan buku.  Karena salah satu sifat anak yaitu meniru apa yang ada di sekitarnya.  Daripada membiarkan anak bermain tanpa arahan yang jelas, maka bermain dengan ditemani buku akan lebih memberikan manfaat yang luar biasa.  Karena buku adalah gerbangnya ilmu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendidik Anak Hobi Baca Sejak Dini"