Manfaat Qailullah Tidur Siang Ala Rasulullah

Jam tidur siang ala Nabi
Tidur siang atau Qailullah atau dalam bahasa Inggris disebut juga dengan Quick Nap memiliki manfaat yang sangat luar biasa.  Makanya tak salah apabila Rasulullah menyarankan kepada kita untuk melakukan Qailullah atau quick nap pada siang hari.  Tentang manfaat tidur siang sudah banyak para Peneliti yang membuktikannya.

“Qailulah-lah (istirahat siang) kalian, sesungguhnya setan-setan itu tidak pernah istirahat siang.” (HR. Abu Nu’aim)

Dalam Surat An Naba ayat ke 9

"Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat."

"Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah tidurmu di waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya.Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (Qs. Ar-Rum ayat 23)

Istirahat siang bisa disertai dengan tidur ataupun hanya sekedar tiduran saja.  Tidur siang ini bisa dilakukan  selama 15 menit ataupun 30 menit.  Akan tetapi perlu diketahui walaupun hanya sebentar saja, kualitas tidur ini akan menyamai dengan tidur malam selama 2 jam. Ketika dimasa Rasulullah tidur siang ini dilakukan sangat membantu para Sahabat untuk bangun malam agar bisa melaksanakan shalat tahajud atau shalat malam.

Tidur siang ini juga sudah mulai ditiru oleh para perusahaan-perusahaan terutama perusahaan jepang dan Amerika.  Beberapa perusahaan Amerika yang sudah melakukan quick nap antara lain Nike, Google, continental and British Airways, Scottsdale company dan lain sebagainya.

Beberapa manfaat tidur siang

A.  Berdasarkan Penelitian yang dilakukan oleh David Dinges Pada tahun sekitar 1980 an (University of Pennysylvania School of Medicine) menjabarkan:

1. Tidur siang akan mampu meningkatkan kewaspdaan, ingatan dan semangat dalam diri.

2. Menurunkan resiko penyakit jantung dan stress hingga mencapai 30 persen.

B. Berdasarkan Jim Horne, Seorang Direktur Sleep Research Centre yang berada di Inggris tepatnya Loughborough University menyebutkan:

1. Tidur siang dapat menyingkirkan rasa ngantuk tanpa mengurangi tidur pada malam hari.

C. Penelitian Dr. Roger Rosa, seorang ilmuwan senior yang berasal dari The National Institute for Occupational Safety and Health menjelaskan bahwa

1. Quick Nap akan dapat memberikan rasa ketenangan dalam diri.

Untuk dapat melaksanakan tidur siang secara optimal, berikut ini adalah cara dan tips yang bisa digunakan

1. Menyiapkan waktu dan tempat

Waktu ideal untuk melakukan tidur siang adalah antara 15 menit hingga 30 menit dan tempat yang bisa digunakan tidak harus tempat tidur.  Akan tetapi yang terpenting bisa digunakan untuk tiduran atau berbaring dan usahakan tempatnya yang nyaman dan tidak berisik.  Jam tidur siang bisa dilakukan sehabis waktu dhuhur.

2. Ciptakan suasana yang nyaman

Alangkah baiknya apabila tempat yang akan dipakai tidak terang cahaya dan dianjurkan gelap.  Suasana gelap akan merangsang hormon melatonin.  Hindari AC dan kipas angin secara langsung.

3. Hindari makanan dan minuman tertentu

Beberapa makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari yaitu yang mengandung kafein, alkohol, rokok, obat diet dan obat anti depresi.  Kondisi yang paling baik yaitu ketika lambung kosong dari makanan namun bukan ketika merasa lapar sekali.

Tidur siang atau qailullah atau Quick Nap memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.  Amalan tidur ini bisa dilakukan rutin agar badan tetap bugar dan sehat.  Terapkan tidur siang ini sebagai kebiasaan dalam keluarga.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Qailullah Tidur Siang Ala Rasulullah"