Efek Buruk Jika Jarang Tidur Siang

Akibat Kurang tidur siang
Banyak survey dan studi yang menyimpulkan bahwa manfaat tidur siang akan sangat baik untuk perkembangan terutama anak-anak.  Namun perlu diketahui juga bahwa beberapa studi juga menyebutkan jika si anak kurang tidur siang juga akan bisa berefek buruk untuk si kecil.

Kebiasaan jarang tidur siang akan dapat mempengaruhi perkembangan mental dan si anak akan lebih rentan stress.  Ketika beranjak dewasa maka peluang anak terganggu mentalnya akan lebih besar jika si anak jarang melakukan tidur siang.  University of Colorado Boulder di Amerika Serikat menyebutkan bahwa jika seorang bayi kehilangan tidur siang satu hari saja maka akan bisa menyebabkan si bayi kurang tertarik dengan lingkungan sekitarnya dan bayi akan menjadi lebih cemas.

Hal ini akan bisa berefek jika bayi sudah dewasa mereka akan menjadi tidak senang walaupun mereka berada dalam acara yang bahagia dan menyenangkan.  Hal lain yang mungkin timbul yaitu mereka akan sulit untuk mengendalikan dan mengatasi stress yang ada pada diri mereka.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan saat bayi melakukan tidur siang merupakan salah satu cara untuk melampiaskan perasaan lembut si balita.  Apabila si bayi kurang tidur siang maka akan dapat membuat suasana hati bayi menjadi kacau dan tidak kondusif.

Hal ini sudah dibuktikan oleh Profesor Monique Lebourgeosis dengan melakukan riset terhadap bayi yang berumur antara 2 hingga 3 tahun.  Metode yang dilakukan selama penelitian yaitu dengan merekam dan memfilmkan ekspresi para balita pada saat mereka sedang tidur siang.  Sehingga ketika si balita kurang tidur siang dalam sehari saja maka akan kelihatan dari ekspresi yang dimunculkannya.

Selain itu dalam penelitian juga menyimpulkan bahwa balita yang lelah dan jarang melakukan tidur siang akan lebih sulit untuk memecahkan teka-teki yang diujikan kepadanya.  Efek buruk yang lain yaitu si balita akan kurang positif dalam mengelola respon emosi mereka.

Dalam rekaman tersebut memperlihatkan bahwa si balita akan menunjukkan ekspresi yang sangat berbeda ketika mereka ketinggalan tidur siang walaupun hanya sekali.  Apabila hal ini terus menerus terjadi maka akan sangat mempengaruhi perkembangan mental dan otak emosional mereka.

Efek buruk kedepannya jka hal ini dibiarkan dan tidak ada perhatian dari para orang tua maka akan membuat suasana hati si anak menjadi bermasalah, bahkan akan bisa bermasalah selama hidupnya.  Maka dari itu kecukupan akan tidur siang sangat mutlak diperlukan sebagaimana makanan bergizi juga sangat dibutuhkan para balita.  Jangan sepelekan manfaat tidur siang untuk sang buah hati kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Efek Buruk Jika Jarang Tidur Siang"