Seputar Gigi Anak Lama Tumbuh

Anak telat tumbuh gigi
Secara umum gigi anak akan mulai tumbuh ketika sudah memasuki usia kurang lebih 6 bulan.  Biasanya akan diawali dengan gigi seri bawah baru kemudian gigi seri atas.  Tapi bisa saja hal ini akan berbeda untuk tiap anak.  Karena ada saja bayi yang mengalami kertelambatan tumbuh gigi.

Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi kecepatan tumbuh gigi pada tiap bayi.  Perlu diketahui bahwa proses pembentukan gigi sudah dimulai sejak bayi ada di dalam rahim bunda.  Hal ini akan terjadi berkisar saat usia kehamilan mencapai kurang lebih 4 bulan.

Percepatan pertumbuhan gigi anak maupun bayi bisa dipengaruhi oleh seberapa besar tingkat asupan kalsium saat ibu sedang hamil.  Tapi hal ini bukan berarti bahwa bunda yang mengkonsumsi cukup kalsium akan melahirkan bayi dengan pertumbuhan gigi yang cepat.  Kemampuan bayi dalam menyerap kalsium selama di dalam kandungan juga memiliki pengaruh yang signifikan.  Bisa saja bayi ada yang cepat menyerap kalsium namun ada juga bayi yang agak susah dalam menyerap kalsium tersebut.

Pertumbuhan gigi anak dianggap tidak wajar apabila sudah memasuki usia 14 bulan namun gigi juga tidak kunjung muncul.  Karena bisa jadi si bayi mengalami kelainan Displasia Ektodermal.  Displasia Ektodermal ini berkaitan erat dengan faktor keturunan.  Beberapa gejala Displasia Ektodermal antara lain yaitu bayi tidak mengeluarkan keringat, demam, dan tidak memiliki ekspresi.  Jika bunda menemui gejala tersebut pada bayi maka sebaiknya bunda mengkonsultasikan ke dokter.

Bagi bayi yang sudah berusia 12 bulan namun gigi juga belum tumbuh maka bunda tidak perlu khawatir.  Untuk membantu merangsang anak tumbuh gigi maka bunda bisa menerapkan beberapa cara dan tips sederhana untuk menstimulasi tumbuh gigi.  Caranya yaitu

1. Gunakan Teether agar anak bisa berlatih menggigit.  Menggigit ini akan mampu merangsang gigi untuk tumbuh.  Karena pada saat menggigit, gusi akan mengalami penekanan sehingga akan membantu munculnya gigi awal.

2. Sebaiknya bunda sudah mengenalkan makanan semi padat saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan.  Kemudian ketika anak sudah memasuki usia 12 bulan, si bayi sudah bisa diberikan makanan bertipe padat.

3. Jika Teether kurang menarik untuk anak maka bunda bisa menyediakan mainan yang aman bila digigit.  Biasanya mainan akan menarik anak.

Tumbuh gigi pada anak merupakan hal yang penting. Tumbuh gigi ini sebagai pertanda bahwa anak kita memiliki perkembangan yang normal.  Jangan sepelekan jika gigi bayi tidak kunjung tumbuh.  Pilihan bijak agar anak tidak mengalami kelainan maka bunda sebaiknya memperhatikan asupan makanan sejak dalam kandungan. Cukupi kebutuhan akan kalsium agar bayi memiliki pertumbuhan gigi yang baik dan normal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Seputar Gigi Anak Lama Tumbuh"