Mengatasi Anak Susah dan Sulit Makan

Agar anak tidak malas makan
Mengatasi anak yang susah dan sulit makan bukanlah pekerjaan yang mudah.  Dibutuhkan kesabaran dan strategi yang jitu agar selera makan anak menjadi tinggi kembali.  Tips dan cara yang kita gunakan haruslah cerdik, mengingat anak-anak juga bersikap kritis terutama kepada orang tuanya.  Banyak solusi cerdas dan kreatif yang bisa kita praktekan untuk mengembalikan nafsu makan anak.

Nafsu makan anak yang lemah dan sedikit janganlah dibiarkan begitu saja.  Kita sebagai orang tua harus peduli apabila melihat porsi makan anak menjadi sedikit.  Apalagi kalau anak sampai telat makan dikarenakan anak sibuk bermain hingga lupa untuk makan.  Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar kesehatan anak tetap terjaga dan perkembangan anak tetap maksimal.

Makanan merupakan nutrisi utama untuk menjaga agar anak tetap fit dalam menjalani hari-harinya.  Aktivitas anak yang aktif harus dibarengi dengan asupan makanan yang bergizi.  Selain itu tingkat perkembangan fisik anak sangat dipengaruhi dengan makanan yang diasupnya tiap hari.  Jikalau anak sampai lemah nafsu makannya maka kemungkinan yang akan terjadi adalah anak akan tumbuh dengan kondisi tubuh yang tidak ideal dan tentunya kebutuhan akan energinya tidak akan tercukupi dengan baik.

Setidaknya ada beberapa cara dan tips yang bisa kita gunakan untuk mengembalikan nafsu makan anak.  Berikut adalah uraian singkatnya

1. Karena penyakit

Tidak diragukan lagi jika penyakit juga bisa mempengaruhi nafsu makan anak.  Untuk membantu anak agar anak mudah untuk makan maka kita harus mengecek kondisi kesehatan anak.  Jika anak ditemukan sedang sakit, maka hal yang bisa harus kita lakukan yaitu menyembuhkan terlebih dahulu penyakit yang di derita anak.  Kta bisa membawa anak ke tempat pelayanan kesehatan terdekat untuk diberi pengobatan.

2. Sulit makan karena faktor psikologis anak

Beberapa hal yang mesti kita lakukan untuk mengembalikan nafsu makan anak

a. Lebih kreatif lagi dalam menyiapkan makanan untuk anak.  Tujuannya adalah agar anak memiliki selera makan.  Oleh karena itu kenali dengan baik bentuk makanan kesukaan anak.

b. Dilarang keras memaksa anak untuk menghabiskan makanan yang sudah diambilnya.  Lakukan pendekatan dengan baik dan beri pengertian agar anak mau menghabiskan makanan yang ada dipiringnya.

c. Apabila anak enggan untuk makan, maka kita bisa mengajak anak keluar rumah untuk mencari lingkungan yang mendukung.  Biasanya jika anak bertemu dengan anak lainnya yang sedang makan, maka anak akan ikut lahap makan.

d. Alihkan sesuatu yang bisa mempengaruhi konsentrasi anak ketika di meja makan.  Tujuannya adalah agar anak tetap fokus pada makanan yang akan dikonsumsinya

3. Jika anak tidak suka dengan pola dan menu makan

Untuk mengatasi hal tersebut maka tips berikut ini layak untuk dipraktekan

a. Kondisikan jadwal makan anak bisa menyesuaikan dengan kondisi anak terutama ketika anak merasa lapar dan haus.

b. Sebaiknya sebelum makan, anak jangan terlalu banyak dikasih air minum terutama minuman yang manis-manis.

c. Sebaiknya anak tidak diberikan cemilan ketika waktu sudah mendekati jam makan.  Pantau juga tingkat jajan anak.  Anak yang suka dan sering jajan makanan ringan akan lebih susah untuk diajak makan nasi.

d. Usahakan makanan sesuai dengan usia anak.  Tujuannya agar pencernaan anak bisa mencerna makanan dengan baik.  Biasanya para orang tua terlalu buru-buru memberikan makanan padat kepada bayinya.  Hal ini akan bisa menyebabkan anak susah makan ketika anak mulai beranjak besar.

e. Menjaga komposisi gizi makanan agar kebutuhan nutrisi anak tetap terpenuhi dengan baik.

Anak yang mengalami penurunan nafsu makan harus disiasati dengan baik.  Jangan membiarkan anak dengan "ntar kalau lapar juga minta sendiri."  Usahakan kita membuat jadwal rutin makan anak sehingga anak akan terbiasa makan pada jam waktunya.  Semoga cara dan tips ini bermanfaat dalam mengembalikan nafsu makan anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Anak Susah dan Sulit Makan"