Gangguan Mata Malas Atau Amblyopia

Mengenal Mata Malas Amblyopia lazy eye
Amblyopia atau yang biasa disebut dengan mata malas merupakan salah satu gangguan penglihatan yang perlu kita waspadai terutama pada anak kita.  Amblyopia atau Lazy eye adalah hilangnya kemampuan mata untuk melihat benda secara mendetail.  Lemahnya kemampuan ini merupakan salah satu penyebab dari mata malas.

Penyebab mata malas
Hal terpenting yang menyebabkan penyakit Lazy eye ini adalah karena tidak berkembangnya jalur syaraf dari salah satu mata ke otak ketika usia anak-anak.  Karena jalur syaraf ini tidak berkembang secara maksimal maka menyebabkan mata tidak bisa mengirimkan gambar secara sempurna ke otak.  Mata cenderung mengirimkan gambar yang kabur atau gambar yang salah ke otak.

Karena gambar yang dikirimkan ke otak tidak jelas maka hal tersebut akan membuat otak bingung.  Apabila hal tersebut terus-menerus terjadi maka otak secara otomatis akan belajar mengabaikan gambar yang dikirim oleh mata yang lemah.

Secara umum penyebab lazy eye yaitu bermula dari penyakit strabismus atau mata juling.  Hal tersebut sering terjadi dalam beberapa keluarga.

Istilah " mata malas " mengacu pada amblyopia, yang sering terjadi bersama dengan strabismus . Namun, amblyopia (mata malas) dapat terjadi tanpa strabismus dan orang-orang dapat memiliki strabismus tanpa amblyopia .

Beberapa penyebab lainnya dari mata malas yaitu dikarenakan anak menderita katarak mata,  Rabun jauh, rabun dekat dan astigmatisme yang disebabkan adanya perbedaan besaran minus atau plus antara mata yang satu dengan mata yang lainnya.

Gejala mata malas
Ada beberapa gejala sebagai pertanda mata malas.  Beberapa gejala yang mungkin timbul antara lain

1. Mata yang terlihat keluar
2. Kedua mata terlihat tidak bekerja secara bersamaan
3. Mata tidak mampu melihat secara mendetail terutama tentang kedalaman
4. Salah satu mata kekurangan Vision

Pada umumnya penyakit amblyopia ini bisa dideteksi dengan pemeriksaan mata yang lengkap dan tidak memerlukan pemeriksaan dengan teknik khusus.

Perawatan Amblyopia pada anak-anak dibawah usia 5 tahun akan sangat memungkinkan anak sembuh dari amblyopia secara maksimal, meskipun nantinya anak akan tetap mengalami sedikit masalah dengan persepsi tentang kedalaman.  Namun apabila menunda pengobatan maka akan bisa menyebabkan masalah penglihatan secara permanen.

Kapan harus ke dokter

Kita bisa membawa anak kita ke dokter mata manakala kita telah menemukan tanda-tanda dari amblyopia.  Untuk berjaga-jaga dari hal yang tidak diinginkan maka kita bisa memngontrol kesehatan mata anak ketika usia anak berkisar antara 3 dan 5 tahun.

Mata malas juga merupakan penyakit yang mesti dideteksi secara dini.  ketaatan terhadap aturan dalam proses penyembuhan maka akan mempercepat kesembuhan dari Amblyopia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gangguan Mata Malas Atau Amblyopia"