Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Umum

Tips Mudik aman dengan kendaraan umum
Mudik menggunakan kendaraan umum memang dibutuhkan kewaspadaan.  Baik itu waspada terhadap keselamatan diri sendiri dan tentunya waspada terhadap barang bawaan kita.  Waspada ini menjadi sangat penting dikarenakan sarana umum rentan akan kejahatan.  Mulai dari hipnotis, penodongan atau pun pencurian.

Sarana umum yang umumnya dipakai sebagai angkutan lebaran antara lain bus, kereta api dan pesawat udara.  Maka tak heran apabila musim mudik telah tiba, tempat-tempat tersebut ramai dan sesak orang beserta dengan barang bawaannya.  Namun hal yang perlu digaris bawahi bahwa tempat-tempat umum tersebut juga merupakan sarang kejahatan.  Lalu lalangnya orang-orang mudik digunakan penjahat sebagai kesempatan untuk mencari celah lengahnya orang yang sedang sibuk mengurusi tiket keberangkatannya.

Agar keselamatan diri dan barang bawaan tetap terjaga, berikut ini ada tips dan kiat khusus agar perjalanan mudik selamat hingga tujuan

1. Membaca doa

Jangan lupa untuk membaca doa keluar rumah agar Allah senantiasa memberikan perlindungan kepada diri maupun keluarga kita. Doa yang kuat akan mampu menangkal kejahatan seperti hipnotis.  Hipnotis adalah salah satu kejahatan yang sering terjadi di tempat-tempat umum.

2. Membawa perbekalan makanan sendiri

Makanan dan minuman sebaiknya membawa sendiri dari rumah.  Biasanya makanan dan minuman yang dijual di tempat umum akan lebih mahal.  Selain itu dengan membawa makanan dan minuman sendiri akan mengurangi resiko perampokan dengan modus bius.  Jangan lupa untuk tidak menerima minuman atau makanan dari orang yang tidak dikenal.  Sebaiknya sarapan sebelum berangkat.

3. Waspada dengan pemberian orang lain

Anda patut curiga apabila ada seseorang tanpa kenal sedikitpun memberikan kebaikan kepada kita.  Baik itu dengan memberikan barang atau benda lainnya.  Pastikan apabila anda harus menerima benda tersebut didampingi oleh orang lain yang kita kenal.

4. Membawa P3K

Bawalah obat-obatan untuk mengantisipasi sakit diperjalanan.  Hal yang biasa timbul adalah mual, muntah, pusing ataupun meriang.

5. Beli tiket pada agen resmi

Sebaiknya membeli tiket pada agen-agen resmi dan hindari mencari tiket kepada calo.  Alangkah baiknya apabila kita membeli tiket sudah jauh-jauh hari.  Waspadai antrian panjang ketika sedang membeli tiket.

6. Rombongan ketika bepergian

Untuk menjaga keselamatan sebaiknya tidak bepergian sendirian.  Gunakan rombongan dan sepakati satu orang sebagai pemimpin rombongan.  Kejahatan biasanya terjadi pada orang yang terlihat sendirian.  Ingat kejahatan juga dilakukan secara bergerombolan.  Selain itu dengan rombongan akan mempermudah dalam penjagaan barang

7. Jangan membawa perhiasan yang terlalu mencolok

Sebaiknya simpan dulu perhiasan berharga yang biasa dipakai.  Hal ini agar tidak memancing adanya niat orang untuk menjambret ataupun mencuri.  Kejahatan bisa saja terjadi karena adanya kesempatan.  Oleh karena itu jangan tunjukan barang berharga kita di tempat umum.

8. Bawa barang seperlunya

Untuk memudahkan dalam bergerak sebaiknya membawa barang seperlunya saja.  Kalau memang barang harus banyak yang dibawa sebaiknya barang tersebut dipaketkan menggunakan jasa kurir.  Jangan lupa untuk menyimpan barang pada tempat yang mudah terlihat agar mudah dalam pengawasannya.  Selain itu berilah label barang bawaan kita.

9. Hubungi keluarga

Jangan lupa untuk senantiasa memberikan informasi kepada keluarga tentang kendaraan yang kita gunakan.  Selalulah berkomunikasi agar keluarga tetap bisa memantau keberadaan kita.

10. Cek sebelum turun dari kendaraan

Sebelum turun dari kendaraan cek dengan seksama barang bawaan.  Teliti sebelum turun agar barang tidak tertukar ataupun ketinggalan.

Sarana umum memang rentan akan kejahatan.  Oleh karena itu kita harus mengantisipasinya dengan seksama.  Keselamatan merupakan prioritas yang harus diutamakan.  Tips aman mudik ini semoga bermanfaat dan semoga perjalanan anda selamat hingga tujuan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mudik Aman Dengan Kendaraan Umum"