Manfaat Bunga Teleng Untuk Membersihkan Mata Bayi

24 August 2013

Khasiat bunga teleng untuk mata bayi
Bunga teleng adalah sebuah tanaman yang banyak tumbuh di beberapa daerah di Indonesia.  Beberapa sebagian besar masyarakat masih ada yang menanam bunga teleng baik itu di pekarangan ataupun di halaman rumah.  Namun bunga teleng ini kadang juga bisa ditemui tumbuh liar sebagaimana tumbuhan biasa.  Kadang beberapa masyarakat yang tak sadar akan khasiat bunga teleng akan menganggap bunga ini adalah tumbuhan liar yang tidak ada manfaatnya.

Bagi beberapa orang yang paham akan khasiat daun teleng ini, akan tetap menjadikan tumbuhan ini sebagai tanaman obat.  Karena bunga teleng ternyata memiliki khasiat yang efektif untuk mengobati beberapa penyakit.  Diantara khasiat bunga teleng yaitu untuk membersihkan kotoran mata bayi.  Bagi sebagian besar asli masyarakat bekasi akan menjadikan ramuan bunga teleng sebagai penjernih atau pemutih mata bayi agar mata bayi terlihat bersih.

Sekilas tentang bunga teleng  (Clitoria ternatea L.)

Beberapa nama lain bunga teleng:

Melayu: bunga biru, Sunda: kembang telang, Jawa: kembang teleng, Makasar: bunga talang, Bugis: bunga temen raleng, Halmahera: bisi, Ternate: sejamagulele

Diskripsi bunga teleng

Habitus: Semak, menjalar, panjang 3 hingga 5 meter. Bentuk batang: membelit, masif, permukaan beralur, hijau. Daunnya majemuk, menyirip, lonjong, tepi rata, ujung tumpul, pangkal meruncing, panjang 4-9 cm, lebar 2-4 cm, tangkai silindris, panjang 4-8 cm, pertulangan menyirip, permukaan berbulu, hijau. Bunganya majemuk, bentuk tandan, di ketiak daun, tangkai silindris, berwarna hijau, kelopak bentuk corong, panjang 1,5-2,5 cm, hijau kekuningan, tangkai benang sari berlekatan membentuk tabung, putih, kepala sari bulat, kuning, tangkai putik silindris, kepala putik bulat, hijau, mahkota bentuk kupu-kupu, ungu. Buah berbentuk polong, panjang 7-14 cm, bertangkai pendek, masih muda hijau setelah tua hitam. Bijinya berbentuk ginjal, masih muda hijau setelah tua coklat. Akarnya tunggang, putih kotor.

Meskipun belum ada uji klinis, bunga teleng sudah menjadi warisan turun temurun untuk membersihkan kotoran mata bayi.  Biasanya setelah mata bayi ditetesi air hasil rendaman bunga teleng, setelah bayi terbangun maka di sekitar mata bayi akan keluar banyak kotoran mata.  Warnanya kuning dan biasanya bayi agak sedikit sulit membuka matanya dikarenakan kotoran tersebut membuat mata lengket.  Oleh karena itu kotoran mata tersebut harus diseka dahulu dengan kapas yang dibasahi dengan air hangat.

Dalam beberapa pengalaman tersebut, memang membuktikan bahwa mata bayi akan terlihat putih dan bersih.  Karena hasilnya yang signifikan ini maka bunga teleng tetap menjadi obat tradisional untuk membersihkan mata dari kotoran.

Cara membuat ramuan ini

1.  Siapkan beberapa bunga teleng yang sudah dibersihkan.
2.  Siapkan pula gelas/mangkok yang berisi air bersih secukupnya.
3.  Rendam bunga teleng tersebut hingga air berubah menjadi biru.
4.  Air hasil rendaman tersebut sudah bisa diteteskan ke mata bayi.  Bisa pagi dan sore ataupun cukup sekali saja dalam sehari.
5.  Untuk menjaga kualitas maka buanglah air rendaman yang sudah lama dan buat lagi ramuan baru.

Banyak tumbuhan di sekitar kita yang bisa dijadikan obat tradisional dengan khasiat yang tak kalah dengan obat kimia.  Warisan turun temurun ini sudah melalui berbagai pengalaman para orang tua kita.  Bunga teleng merupakan salah satu solusi untuk membantu membersihkan kotoran mata dan membuat mata bayi menjadi putih bersih sehingga akan terlihat menarik.


print this page Print this page
Judul: Manfaat Bunga Teleng Untuk Membersihkan Mata Bayi
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Al-maghribicendekia
Anda sedang membaca artikel Manfaat Bunga Teleng Untuk Membersihkan Mata Bayi. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://www.al-maghribicendekia.com/2013/08/manfaat-bunga-teleng-untuk-membersihkan.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini. Jika artikel ini bermanfaat silakan share.
Kode Praktis Artikel.

Share this Article on :

0 comments:

 
© Copyright Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini 2013 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Webmaster By Mboru.