Cara Menambah Kosakata Anak Agar Aktif Bicara

Cara Menambah kosakata anak
Kemampuan bahasa anak harus didukung dengan kosakata yang banyak dan beragam.  Pengetahuan yang banyak akan perbendaharaan kata akan membuat anak lancar berbicara dan aktif berdiskusi.  Rangsangan dan stimulasi yang baik akan membuat anak menguasai banyak kata-kata.  Kecerdasan berbahasa anak akan sangat dipengaruhi keadaan di sekelilingnya terutama lingkungan keluarganya.

Tipikal keluarga yang pendiam akan membuat perbendaharaan kata-kata anak menjadi sangat sedikit dan minim.  Apalagi kalau pihak keluarga tidak pandai dalam memberikan rangsangan berbahasa kepada anak.  Hal demikian akan membuat anak cenderung menjadi lebih pendiam dan tidak aktif berbicara.  Oleh karena itu agar anak aktif berbicara maka ciptakan lingkungan yang mendukung untuk membantu kecerdasan berbahasa anak.

Perkembangan bahasa anak merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kegiatan membaca dan menulis .  Perkembangan bahasa anak tidak bisa kita anggap sebelah mata dikarenakan kemampuan anak berbicara dengan baik merupakan sarana anak untuk mengetahui dan memahami akan dirinya sendiri.  Dengan berkata-kata atau berbicara maka si anak akan bisa mengungkapkan apa yang ada ataupun sedang terjadi dalam dirinya.

Untuk membantu meningkatkan perbendaharaan kata-kata anak, maka kita dapat mempraktekan langkah-langkah dan cara sederhana berikut

1. Ajak bicara anak dengan jelas

Hindari berbicara cadel kepada anak meskipun anak belum bisa berbicara.  Karena kecadelan tersebut akan direkam dan ditiru anak sehingga akibatnya anak akan mengalami kesusahan berbicara dengan kata-kata yang benar.  Seringlah untuk berkomunikasi dengan anak dalam segala aktivitasnya.  Hal ini akan memicu anak untuk ikut berbicara.

2. Ajarkan nama dengan benar

Nama bisa apa saja, tidak sekedar hanya nama orang.  Nama benda juga harus diajarkan dengan benar.  Kejelasan dalam menyebutkan nama akan membuat anak berbicara secara benar pula.  Kenalkan anak dengan berbagai nama baik itu benda ataupun orang yang dilihatnya.

3. Membaca dan mendongeng

Dua hal tersebut sangat baik untuk menambah perbendaharaan kata-kata anak.  Berikanlah waktu untuk membacakan anak buku ataupun dongeng.  Cerita dongeng yang menarik dan ekspresi yang betul akan membuat anak mudah untuk menyimpan kosakata baru yang didengarkannya.

4. Memberikan buku yang bergambar

Sesekali ajaklah anak untuk jalan-jalan ke perpustakaan ataupun toko buku.  Belikanlah buku-buku yang bergambar agar anak tertarik untuk membukanya.  Buku yang bergambar akan meningkatkan daya imajinasi anak.

5. Mendengarkan anak

Kadang anak akan mengajak anak berbicara kepada orang tuanya.  Entah itu dengan memanggil ayah ataupun ibunya.  Berikanlah tanggapan tersebut dan jangan abaikan ajakan anak tersebut.  Dengarkan anak dengan baik apabila anak berusaha mengekspresikan apa yang ada dalam benaknya.  Jadilah pendengar yang baik sehingga anak akan semangat mengungkapkan kata-katanya.

6. Mendengarkan rekaman-rekaman

Rekaman juga sangat baik untuk menambah perbendaharaan kata-kata anak.  Selain itu lagu-lagu juga sangat baik untuk melatih berbicara anak.

7. Perluas pergaulan anak

Salah satu cara agar anak cerdas dalam berbicara maka doronglah anak untuk bergaul dengan teman-temannya dan doronglah anak untuk bergaul dengan orang yang lebih dewasa darinya.  Hal ini juga akan membantu meningkatkan kecerdasan sosial anak.

Agar anak lancar berbicara maka hal yang perlu diperhatikan adalah perbendaharaan kata-kata yang dimilikinya.  Semakin banyak rangsangan yang diterimanya maka anak akan mampu dan fasih dalam berbicara.  Ciptakan lingkungan yang mendukung agar anak cepat berbicara dan fasih dalam berkata-kata.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menambah Kosakata Anak Agar Aktif Bicara"