Manfaat Game Online dan Permainan Untuk Anak

Manfaat Game untuk Anak
Game maupun games online merupakan salah satu hiburan yang sangat digemari anak-anak dan kalangan dewasa.  Mulai dari game yang bersifat sederhana hingga game yang penuh tantangan seperti game adventure atau petualangan.  Karena sifatnya yang menghibur game merupakan kegiatan yang kadang bisa melupakan apabila tidak dikontrol dengan baik.

Saat ini banyak kita temui tempat-tempat yang menyediakan game baik itu rental play station maupun game online yang tersambung dengan internet.  Kecanggihan teknologi membuat game ini bisa dimainkan di mana saja.  Bahkan dengan bermodalkan handphone seseorang sudah bisa bermain game online dan terhubung dengan pemain lainnya yang berbeda area atau daerah. Bahkan di beberapa tempat sudah ada yang menyediakan dan menjual token untuk bermain game online.  Token adalah semacam pulsa yang bisa digunakan untuk bermain online dengan teman lainnya.

Menurut beberapa penelitian, game atau permainan komputer juga bisa memberikan efek yang baik untuk anak.  Anak-anak yang sering bermain game ternyata memiliki banyak manfaat yang bisa membantu perkembangannya.  Ada beberapa kemampuannya yang bisa dirangsang dengan bermain game ini.  Salah satunya adalah kemampuan untuk mengkoordinasikan kemampuan mata dan kemampuan tangannya.  Tapi dalam hal ini yang harus diperhatian adalah jenis permainannya.  Bukan berarti bahwa setiap game akan memiliki dampak positif.  Yang perlu diingat adalah pemilihan game yang tepat untuk anak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari game untuk anak

1. Gerak fisik anak

Ada beberapa game yang bisa melatih fisik anak.  Contohnya adalah game dance yang banyak tersedia di arena bermain atau game zone yang bisa kita temui di mall maupun swalayan.  Daripada anak hanya bermain dengan berdiam diri maka pilihan game jenis ini bisa menjadi pilihan untuk membantu gerak fisik anak.

2. Hiburan sekaligus menjalin hubungan sosial anak

Dengan melalui media game, anak yang memiliki perkembangan sosial rendah maka game ini bisa dijadikan sarana efektif untuk membangun hubungan sosial dengan teman lainnya.  Persahabatan dan pertemanan bisa ditambah dan direkatkan melalui media ini.  Karena ada beberapa anak yang mengalami kesulitan bersosialisasi ketika harus berhadapan face to face dan suasana cenderung kaku.  Dengan game ini bisa mencairkan suasana dan menambah keakraban.

3. Meningkatkan kemampuan anak

Salah satu kemampuan yang bisa diasah adalah kemampuan membaca, matematika dan kemampuan untuk memecahkan masalah.  Ada beberapa game yang memiliki tipikal seperti ini.  Misalnya game catur, adventure dan game-game lainnya yang sejenis.  Selain itu kemampuan koordinasi antara mata dan tangan anak bisa diasah melalui media game ini.

4. Membangun kerjasama atau team work

Melalui game maka bisa melatih kerjasama dan team work.  Apalagi kalau game yang dimainkan adalah game multiplayer.  Kerjasama yang baik maka akan bisa menyelesaikan tugas yang diberikan sang tokoh untuk menjadi pemenang.

5. Agar anak tidak gaptek

Tak dipungkiri bahwa pesatnya kemajuan jaman menuntut anak untuk harus lebih kreatif agar bisa mengikuti perkembangan jaman yang ada.  Terutama teknologi informasi yang terus mengalami perubahan.  Kasihan kalau melihat anak GAGAP TEKNOLOGI atau biasa disebut Gaptek.  Sebutan gaptek ini tentunya akan bisa membuat kepercayaan diri anak menjadi menurun.

6. Mengurangi tekanan pikiran anak

Tekanan pikiran tidak hanya bisa melanda kalangan orang dewasa namun hal ini juga bisa melanda dan menimpa untuk usia anak-anak.  Kalau hal ini dibiarkan terus maka bisa dipastikan akan membuat anak menjadi stress.  Pelampiasan stress yang salah akan bisa menghantarkan anak terjerumus ke narkoba maupun aktifitas negatif lainnya.  Untuk membantu mengendorkan ketegangan anak maka game bisa menjadi solusi untuk sekedar menghibur anak. 

Yang perlu menjadi catatan adalah pemilihan game yang tepat untuk anak.  Karena penyeleksian game ini perlu dilakukan oleh orang tua.  Pengawasan yang ketat dari orang tua akan sangat membantu anak tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.  Game yang penuh dengan adegan kekerasan sebaiknya dihindari agar anak tidak menirunya di dunia nyata.

Sangat perlu diwaspadai bahwa game, baik itu game biasa maupun game online akan bisa membawa manfaat yang baik untuk anak, tapi perlu diketahui bahwa game juga bisa membawa sejuta dampak negatif untuk anak.  Pengontrolan yang baik dari orang tua akan membantu anak tidak kecanduan game online.  Waspadalah!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Game Online dan Permainan Untuk Anak"