Manfaat Berekreasi Outbond

manfaat outbond
Saat ini kegiatan outbond adalah kegiatan yang banyak digemari baik itu kalangan anak-anak maupun orang dewasa.  Selain menyenangkan kegiatan outbond adalah kegiatan yang kaya akan manfaat.  Bagi anak-anak kegiatan outbond bisa meningkatkan tingkat kecerdasan anak-anak, sedangkan bagi orang tua kegiatan outbond adalah saranan refreshing yang menyenangkan.

Dewasa ini tempat outbond sangat banyak dan beragam pilihannya.  Mulai dari sekedar tempat yang luas dan sederhana hingga tempat outbond yang menyediakan segala sarana permainannya. Sebagai contoh misalnya outbond dengan desain seperti militer ataupun outbond dengan meniru gaya pedesaan lengkap dengan sawahnya.  Tentunya hal tersebut akan sangat menarik dan menantang untuk menguji kemampuan kita maupun stamina anak-anak.

Tidak ada salahnya para keluarga untuk mengajak para anggota keluarganya berliburan ke tempat yang menyediakan sarana outbond.  Atau paling tidak para orang tua memberikan ijin kepada para putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan outbond yang diselenggarakan baik itu pihak sekolah ataupun lembaga lainnya.  Mengingat kegiatan outbond ini akan sangat memberikan dampak positif untuk perkembangan anak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat outbond untuk anak

1. Untuk mengetahui seberapa kuat dan lemah kemampuan anak
2. Sebagai sarana berekspresi anak sesuai dengan caranya sendiri.
3. Dengan outbond maka akan memberikan pelajaran tentang bagaimana memahami pendapat, perasaan dan perbedaan yang terjadi.
4. Dengan outbond maka akan melatih jiwa sosialisasi sehingga akan menumbuhkan semangat untuk senantiasa aktif dalam kegiatan-kegiatan kemasyarakatan.
5. Melatih kemandirian anak
6. Menumbuhkan rasa empati anak.
7. Melatih kemampuan komunikasi anak dengan orang lain
8. Melatih daya kreatif dan meningkatkan kemampuan belajar secara sistematis.
9. Memberikan pengalaman positif yang baik untuk anak dan sebagai contoh riil pengalaman hidup.
10. Membangkitkan karakter anak dan membangun kualitas kemampuan anak untuk lebih baik lagi.
11. Menumbuhkan rasa keberanian dan kepercayaan diri anak.

Kegiatan outbond merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa digunakan untuk meningkatkan multiple intellegence anak.  Baik itu kegiatan outbond yang bersifat individu maupun outbond yang berkelompok.  Dalam kegiatan outbond kita bisa menyisipkan aneka kegiatan lainnya sehingga akan menambah meriahnya kegiatan.  Salah satu contoh yang bisa ditambahkan adalah ice breaking tepuk dan permainan dor untuk menghibur para peserta outbond.

Kegiatan outbond merupakan kegiatan yang sah-sah saja untuk dilaksanakan asalkan selama dalam kegiatan tersebut tidak ada agenda negatif ataupun acara yang penuh maksiat.  Batasan-batasan dalam kegiatan outbond harus tetap dijaga agar tidak terjadi kejadian hal-hal yang tidak diinginkan.  Karena asyiknya acara outbond maka jangan lalaikan kewajiban kita untuk bersembahyang kepada Allah Ta'ala agar keberkahan acara tetap mengalir.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Berekreasi Outbond "