Manfaat Asuransi dan Kelebihan Asuransi Syariah

manfaat asuransi syariah
Asuransi memang sangat penting untuk keluarga.  Baik itu asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi pensiun, asuransi kecelakaan dan jenis asuransi lainnya.  Asuransi ibarat seperti payung yang bisa digunakan untuk berteduh dikala hujan datang.  Begitu pula dengan asuransi, asuransi merupakan sarana pelindung manakala musibah yang tidak diinginkan menimpa.

Sehingga tak sedikit para keluarga mapan dan mampu banyak yang mengikuti dan mendaftarkan keluarganya dalam program asuransi.  Alasannya sangat beragam dan masuk akal.  Karena kita tidak akan bisa memprediksi kemungkinan yang akan terjadi di masa depan.  Namun dengan adanya asuransi akan sangat membantu beban keluarga.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan manfaat ikut dalam program asuransi

a. Proteksi dan rasa aman

Dengan ikut serta dalam program asuransi maka kita sudah menyiapkan payung agar kejadian dan hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihadapi dengan bantuan yang telah disiapkan oleh pihak asuransi sesuai dengan program yang diikuti.

b. Sebagai sarana untuk menabung

Secara tidak langsung asuransi merupakan sarana untuk menyisihkan sebagian uang kita.  Program asuransi layak untuk diikuti manakala kita tidak bisa menyisihkan uang dengan baik.  Dengan ikut andil dalam asuransi maka mau tidak mau kita harus membayar polis maupun premi yang sudah ditentukan.  Kapan manfaatnya bisa diambil? Ya tentu sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

c. Sebagai jaminan untuk mendapatkan program lainnya

Dengan ikut serta dalam program asuransi maka ada beberapa kemudahan yang bisa kita dapatkan. Diantaranya adalah kemudahan untuk mendapatkan kredit.  Polis asurasi bisa digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan manfaat kredit lainnya.

d. Pendistribusian dan manfaat.

Jika tidak ada asuransi maka kerugian yang diakibatkan oleh suatu persitiwa tertentu hanya akan ditanggung oleh yang mengalami peristiwa tersebut. Akan tetapi, dengan adanya asuransi biaya kerugian tersebut dapat dialihkan kepada penanggung yang tentu saja sangat bermanfaat bagi penanggung.

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan dalam program asuransi.  Tabel manfaat tersebut tentunya sesuai dengan besarnya polis atau premi yang kita setorkan ataupun sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan pihak penyedia layanan asuransi itu sendiri.

Apakah salah ketika sebuah keluarga ataupun seseorang ikut program asuransi?  Tentu saja tidak ada yang salah, karena hal tersebut merupakan salah satu proteksi yang sangat bermanfaat untuk keluarga.  Cuma yang mesti diperhatikan adalah mengenai cara kerja asuransi.  Karena ada beberapa penyedia layanan asuransi masih menggunakan metode riba.  Oleh karena itu para keluarga hendaknya selektif dalam memilih layanan asuransi, ya minimal memilih asuransi yang paling syariah sesuai dengan ajaran agama Islam.

Disadari atau tidak sebenarnya ada salah satu program asuransi yang sangat bermanfaat.  Program asuransi ini kita yang buat sendiri.  Bentuknya seperti apakah asuransi itu?  Jikalau kita bisa ikut polis ataupun mampu membayar premi dengan jumlah uang sekian, tentu saja kita juga bisa menyisihkan pendapatan kita untuk ikut program zakat, infaq maupun sedekah.

Tentunya program asuransi tersebut adalah program asuransi bersama Allah.  Ada beberapa kelebihan ikut asuransi bersama Allah

1. Premi atau polis yang kita setorkan akan menjadi harta abadi.

Setiap infak, sedekah, zakat akan tercatat sebagai amal ibadah dan tentunya hal tersebut merupakan harta yang bisa diambil ketika kita sudah meninggal.  Tentunya setiap kita akan merasakan mati atau meninggal.

2. Perlindungan dari musibah yang memberatkan

Tentunya kita akan mendapatkan pemeliharaan dan perlindungan dari Allah Ta'ala manakala kita rutin membayarkan asuransi kita melalui sedekah, infak maupun zakat.  Bala tidak akan mendahului sedekah.

"Sedekah dapat menolak 70 macam bencana, dan yg paling ringan (diantara bencana itu) adalah penyakit kusta dan lepra," (HR. Thabrani dalam Mu’jamul Kabir)

“Bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah." (HR. Imam Baihaqi)

3. Mendapatkan Doa

Setiap anak adam yang bisa kita bantu dengan sedekah maupun infak akan senantiasa memberikan doa kepada kita.  Doa dari orang yang tidak mampu inilah yang akan sangat membantu kita agar Allah senantiasa memberikan kemudahan kita dan Allah senantiasa memberikan jalan keluar untuk kita ketika ditimpa musibah yang berat.  Salah satu alasannya adalah kita telah ikut menyelesaikan kesulitan orang lain.

4. Menyicil Musibah

Setiap insan manusia tidak akan mengetahui dengan pasti musibah akan yang menimpa di kemudian hari.  Oleh karena itu untuk meminimalisir dan meredam musibah besar yang datang maka kita bisa membendungnya dengan asuransi seperti sedekah, infak maupun zakat.  Daripada suatu saat kita keluar biaya besar maka alangkah baiknya apabila kita cicil sekarang dengan mengeluarkan infak, sedekah dan zakat untuk diberikan kepada orang-orang yang berhak untuk menerimanya dengan sedikit demi sedikit namun rutin.

5. Menambah rejeki

Dengan kita gemar berinfak dan bersedekah maka Allah akan memberikan rejeki yang banyak kepada kita.  Bentuk rejeki bukan berarti dalam bentuk uang melainkan bisa dengan bentuk lainnya seperti nikmat sehat, harmonisnya keluarga, rasa tenteram dan damai dan aneka nikmat lainnya.

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (Qs. Al-baqarah: 261)

Dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita dapatkan ketika kita ikut asuransi bersama Allah Ta'ala.  Yang perlu kita perhatikan adalah janganlah kita terjebak dalam sebuah pemikiran yang mengedepankan sisi materialis saja sehingga melupan kewajiban kita yang berorientasi kepentingan akherat.

Perlu diingat bahwa perkembangan jaman saat ini sudah banyak mengarah dalam kehidupan yang materialistis dan semua harus diukur dengan uang.  Hal yang menjadi alasan kehidupan materialistis telah menjangkiti adalah munculnya rasa tidak nyaman dan rasa hampa dalam mengarungi samudera kehidupan.  Kita banyak melupakan sisi-sisi kepentingan ruhani kita.  Kebutuhan ruhani hanya bisa dipenuhi dengan mengikuti petunjuk Allah yang sudah diajarkan melalui Nabiyullah yaitu Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.

Akan sangat positif manakala kita ikut program asuransi syariah dan tidak melupakan kewajiban kita sebagai orang yang mampu untuk membantu saudara kita yang kekurangan melalui program zakat, infak dan sedekah.  Berinfak dan ikut polis asuransi, whynot!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Asuransi dan Kelebihan Asuransi Syariah"