Dampak Negatif Anak Kecanduan Game Online

02 April 2013

dampak buruk game online untuk anak
Fenomena game online telah menjadi sarana hiburan yang menyenangkan buat anak-anak.  Saking menyenangkannya bermain game online bisa membuat anak lupa waktu dan anak lupa untuk makan.  Hal ini tentunya bisa membahayakan kesehatan anak kalau dibiarkan terus tanpa penanganan yang tepat.  Oleh karena itu dibutuhkan pengawasan yang ketat oleh pihak orang tua agar hal tersebut tidak menimpa pada anak kita.

Game online merupakan permainan online yang bisa kita temui di mana saja.  Karena tempat-tempat warnet saat ini juga menyediakan fasilitas tersebut.  Game online ini rata-rata akan dipenuhi dengan anak-anak bila dibandingkan dengan orang dewasanya.  Maka tak aneh apabila game online merupakan bisnis yang sedang digemari dan cenderung berkembang pesat dan sangat diminati oleh kalangan anak-anak.

Game online bisa mendatangkan manfaat yang baik untuk anak namun di sisi lain game online juga bisa mendatangkan sejuta efek negatif untuk perkembangan anak.  Bahaya game online ini bisa menimpa kepada siapa saja termasuk anak kita.  Efek negatif tersebut bisa menurunkan prestasi anak kita manakala tidak dikontrol dengan baik khususnya oleh para orang tua.  Hal-hal yang bisa dipengaruhi antara lain adalah akan menurunnya kesehatan anak dan perkembangan psikologi anak yang buruk.

Berikut ini adalah bahaya dan efek negatif game online untuk anak:

1. Mengganggu kesehatan anak

Anak yang sudah kecanduan game online akan sanggup untuk berada di depan layar monitor hingga berjam-jam.  Hal ini akan menyebabkan gangguan pada mata anak.  Yang sangat mungkin terjadi adalah terjadinya kelelahan mata atau eyes strain.  Hal ini bisa terjadi karena mata jarang berkedip dan terus menerus menatap monitor yang ada di depan matanya.

Selain itu game online juga bisa membuat pola makan anak menjadi terganggu karena anak lebih asyik di depan komputer.  Anak-anak yang betah berjam-jam di depan komputer juga akan lebih riskan terserang penyakit wasir maupun ambeien.  Pemicunya adalah kebiasaan duduk yang lama dan sering dilakukan tanpa diimbangi makanan yang berserat dan oleh raga yang cukup.

2. Mendorong anak berperilaku negatif

Siapa bilang game online tidak bisa menimbulkan kebiasaan anak mencuri?  Anak-anak yang sudah kecanduan game online akan melakukan apa saja manakala anak sudah kehabisan uang.  Mau minta ke orang tua tidak berani maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan anak adalah mengambil uang tanpa bilang-bilang.

Selain itu anak yang terlalu lama main game bisa menimbulkan anak-anak berperilaku negatif seperti anak mudah marah dan sulit untuk mengontrol emosi.  Hal ini bisa muncul dikarenakan anak merasa jengkel manakala tidak bisa menyelesaikan permainan ataupun karena anak keseringan kalah bermain.

3. Menurunnya prestasi belajar anak di sekolah

Ada beberapa anak yang sudah berani bolos sekolah untuk sekedar bermain game online.  Hal ini tentunya akan memicu turunnya semangat belajar anak.  Biasanya ini dikarenakan ajakan teman-temannya.  Selain itu anak-anak yang sudah kecanduan game online membuat anak malas untuk belajar di rumah.  Maniak game online akan membuat anak susah untuk mengatur waktunya dengan baik. 

4. Anak menjadi tertutup

Kebiasaan anak menghabiskan waktunya di rumah untuk bermain game akan membuat anak menjadi lebih tertutup.  Ini dikarenakan jiwa sosialisasinya yang sangat minim dengan teman-temannya.  Hal ini akan menjadikan anak susah untuk mengekspresikan diri manakala berada di lingkungan nyata.

5. Anak akan mengalami masalah mental

Dampak dan efek dari game online bisa menyebabkan anak menjadi dua kali lebih hiperaktif dan akan menurunkan daya konsentrasi belajar anak.  Anak akan mudah terserang penyakit gelisah, depresi dan perkembangan sosial yang buruk.

Itulah beberapa dampak negatif dari game online yang saat ini menjadi tren dikalangan anak-anak.  Menjamurnya fasilitas game online diperlukan pengontrolan yang ketat dari pihak orang tua.  Game ini bisa mendatangkan manfaat manakala pemilihan game disesuaikan dengan kebutuhan anak.  Game ibarat pisau bermata dua.  Ia bisa mendatangkan manfaat namun juga bisa membawa petaka yang bisa merugikan anak.


print this page Print this page
Judul: Dampak Negatif Anak Kecanduan Game Online
Rating Blog: 5 dari 5
Ditulis oleh Al-maghribicendekia
Anda sedang membaca artikel Dampak Negatif Anak Kecanduan Game Online. Jika ingin mengutip, harap memberikan link aktif dofollow ke URL http://www.al-maghribicendekia.com/2013/04/dampak-negatif-anak-kecanduan-game.html. Terima kasih sudah singgah di blog ini. Jika artikel ini bermanfaat silakan share.
Kode Praktis Artikel.

Share this Article on :

0 comments:

 
© Copyright Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini 2013 | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com | Webmaster By Mboru.