Penyakit Akibat Kurang Jam Tidur Malam

penyakit kurang jam tidur malam
Tidur berkualitas merupakan dambaan setiap orang.  Karena dengan tidur yang berkualitas akan membuat badan tetap bugar dan sehat.  Jumlah jam tidur yang baik adalah 7 hingga 8 jam dalam sehari.  Kekurangan jumlah kualitas tidur dan banyak begadang hanya akan membuat masalah terutama masalah kesehatan.

Penyebab seseorang kurang tidur beraneka ragam.  Susah tidur atau insomnia merupakan salah satu penyebab tidur kita menjadi kurang berkualitas.  Beban kerja yang tinggi juga bisa membuat tidur kurang berkualitas.  Terutama para pekerja yang mengandalkan kinerja otaknya.  Belum ditambah dengan permasalahan lainnya yang akan membuat tidur menjadi tidak nyaman.

Untuk mencapai tidur 7 hingga 8 jam maka sebaiknya mengurangi begadang dan mengoptimalkan tidur awal agar bisa bangun pagi.  Tidur lebih awal akan membuat kita lebih siap untuk bangun pagi dan tentunya akan bisa memulai aktifitas dengan semangat.  Belum lagi dengan suasana udara pagi yang akan membuat tubuh kita lebih sehat.  Hal ini tentunya akan berbeda manakala kita kurang tidur.  Tidur tengah malam hanya akan berakibat susah untuk bangun pagi sehingga aktifitaspun akan terhambat.

Setidaknya ada 6 masalah kesehatan akibat kurang tidur.  Beberapa penyakit akibat kurang tidur yang perlu diwaspadai

1. Penyakit jantung

Dalam jurnal SLEEP yang terbit tahun 2010 disebutkan bahwa seseorang yang kurang tidur akan mengakibatkan masalah kesehatan terutama kesehatan jantungnya.

2.  Penyakit diabetes melitus

Akibat kurang tidur maka akan meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh hingga 6 persen.  Maka tak heran orang yang kurang tidur akan rentan terhadap penyakit diabetes melitus.

3. Penyakit kanker payudara

Akibat kekurangan tidur terutama orang yang kurang tidur dari 8 jam akan berakibat terserang penyakit kanker payudara.  Persentasenya bisa mencapai 62 % berdasarkan penelitian Tohuku University Graduate School of Medicine di Jepang.

4. Permasalahan dikandung kemih

Seseorang diharuskan bangun malam untuk buang air kecil.  Kondisi seperti ini tidak akan dialami oleh orang yang kurang tidur.  Akibatnya orang yang urang tidur akan lebih rentan terkena peradangan kandung kemih karena tidak adanya aktifitas buang air kecil di malam hari.

5. Penyakit kanker

Penyakit kanker juga bisa disebabkan karena kurang tidur.  Apalagi didukung dengan makanan yang tidak sehat. Tentunya hal ini akan menambah peluang untuk terkena penyakit kanker.

6. Cepat Mati

Seseorang yang berusia di bawah 45 tahun dan kekurangan tidur akan beresiko kematian lebih tinggi.  Karena efek kurang jam tidur malam akan membuat organ tubuh tidak cukup istirahat dan proses detoxifikasi yang terhambat.

Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud RA ia berkata:
“Nabi SAW selalu melarang kami berbincang-bincang setelah Isya’.” (HR. Ahmad dalam Al-Musnad dan Ibnu Majah dalam Sunan)

Diriwayatkan dari Abi Barzah al-Aslami ra.:
“Bahwa Nabi SAW lebih senang mengakhirkan sholat Isya’. Beliau tidak senang tidur sebelum Isya’ dan berbincang-bincang setelahnya.” (Hr. Al-Bukhari dalam Shahih-nya)

Kurang tidur hanya akan menambah permasalahan terutama masalah kesehatan tubuh. Melihat akibat buruk dari kurangnya tidur malam maka sebaiknya para orang tua untuk mengajari anaknya agar tidur lebih awal dan bangun pagi.  Untuk membantu agar tidur menjadi berkualitas maka kita bisa memilih tempat tidur yang baik agar tidur bisa nyaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Akibat Kurang Jam Tidur Malam"