Cara dan Proses Melahirkan Hypnobirthing yang Alami

hypnobirthing
Melahirkan anak menggunakan metode Hypnobirthing.  Apakah pengertian dari hypnobirthing itu?  Bisakah seorang ibu yang baru pertama kali melahirkan menggunakan metode hypnobirthing?  Apakah metode melahirkan Hypnobirthing tidak akan menimbulkan sakit dan nyeri pada waktu mau melahirkan?  Dan samakah melahirkan hypnobirthing dengan melahirkan metode LEA atau Lumbar Epidural Analgesia?

Proses melahirkan anak adalah proses yang tidak mudah, meskipun banyak wanita yang sering melahirkan.  Sudah menjadi Sunatullah bahwa seorang wanita ditakdirkan untuk melahirkan anak, baik itu anak laki-laki ataupun anak perempuan.  Dalam proses melahirkan tersebut ada banyak metode yang digunakan yaitu metode melahirkan normal, metode melahirkan dengan cara caesar, metode melahirkan waterbirthing, metode melahirkan hypnobirthing, metode melahirkan LEA atau LIA.

Hypnobirthing adalah salah metode melahirkan yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri  pada waktu mau melahirkan.  Beberapa rumah sakit ternama sudah melengkapi dengan melahirkan metode hypnobirthing ini.  Hypnobirthing merupakan teknik melahirkan yang alami dengan cara relaksasi secara mendalam, mengatur pola nafas dengan pelan serta cara untuk melepaskan endorfin dari dalam badan.

HypnoBirthing dicetuskan berdasarkan buku yang ditulis oleh seorang pakar ginekologi yang bernama Dr. Grantly Dick-Read, dan mempublikasikan buku Childbirth Without Fear pada tahun 1944. Terapi HypnoBirthing selanjutnya dikembangkan oleh Marie Mongan, pendiri HypnoBirthing Institute.

Melahirkan dengan cara Hypnobirthing akan mampu untuk mengurangi rasa sakit dan membantu proses selama melahirkan.  Hypnobirthing juga akan mampu untuk mengendalikan emosi baik sebelum ibu melahirkan dan sesudah melahirkan.  Kalau bahasa mudahnya adalah gugup dan sedikit khawatir pra melahirkan anak.

Cara kerja mudah hypnobirthing yaitu pikiran sang bunda bisa masuk ke bawah alam sadar dan berkomunikasi  dengan bayi yang ada di dalam kandungan dengan cara relaksasi dengan memberikan suggesti dengan media usapan.  Maka hal ini akan membuat sang bunda merasa bahagia, tenang dan nyaman sebelum melahirkan dan sesudah melahirkan. 

Kira-kira pelatihan hypnobirthing adalah sebagai berikut

1.  Relaksasi kepala
2.  Relaksasi otot
3.  Relaksasi pernapasan
4.  Relaksasi pikiran

Relaksasi yang dilakukan di atas akan sangat membantu proses melahirkan anak.  Karena saat mindset saat ini yang terbangun adalah melahirkan sakit dan sangat menegangkan.  Agar hal ini tidak berkelanjutan maka perlu untuk direlaksasi.  Ketika kondisi pikiran dan jiwa bisa ditenangkan maka hal tersebut akan banyak membantu selama proses melahirkan anak.

Dengan adanya melahirkan metode hypnobirthing akan sangat membantu untuk mengurangi melahirkan dengan akhir kematian.  Tapi bagi bunda yang berminat untuk melahirkan dengan mengurangi rasa takut dan cemas serta sakit, metode hypnobirthing ini bisa menjadi pilihan.  Minimal akan menambah pengawasan tentang cara melahirkan anak yang baik sehingga tidak akan tegang.  Keberhasilan anda menguasai hypno ini tergantung dari keseriusan para ibu hamil untuk senantiasa berlatih.

Mempersiapkan proses melahirkan merupakan tanggung jawab bersama yang harus dimusyawarahkan dengan baik.  Terutama pihak suami untuk membantu proses melahirkan sang istri.  Karena adanya suami juga akan sangat membantu lancarnya persalinan.

Untuk mengikuti program melahirkan hypnobirthing tidak terlalu mengeluarkan uang yang terlalu bear.  Ada beberapa Tim Hypnobirthing yang memasang harga 400 ribuan sudah bisa ikut pelatihan hypnobirthing dengan 4 kali pertemuan.

Jadi, untuk para bunda tidak perlu khawatir dengan persalinan yang akan dijalani.  Banyak fasilitas-fasilitas medis yang akan melayani dengan baik.  Selain hypnobrthing, melahirkan dangan menggunakan metode LEA bisa menjadi pilihan.

Demikian sekilas informasi melahirkan dengan menggunakan hypnobirthing.  Untuk lebih jelasnya lagi maka bunda bisa berkonsultasi dengan pihak yang lebih mengetahui.  Dan pastikan ikuti saran yang disampaikan oleh dokter kandungan anda agar anak terlahir dengan baik dan sempurna tanpa kurang suatu apapun.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara dan Proses Melahirkan Hypnobirthing yang Alami"