Tanda-tanda Wanita Hamil yang Perlu Diketahui

tanda hamil
Tanda-tanda orang hamil, memang ada?  Memangnya seorang wanita kalau mau hamil akan mengalami perubahan fisik?  Tapi yang pasti, seorang wanita yang akan hamil akan ada tanda-tanda yang muncul dan kelihatan.  Baik itu yang hamil secara sah ataupun wanita yang hamil di luar nikah.  Jikalau hamilnya sah di dalam ikatan rumah tangga tentunya akan senang apabila ciri-ciri dan tanda-tanda akan kehamilan mulai tampak.  Berbeda halnya ketika kehamilan itu terjadi di luar nikah, mungkin karena ada hubungan gelap, tentunya akan menjadi masalah besar apabila tanda-tanda hamil tersebut mulai ada dalam diri perempuan tersebut.  Pasti ekspresi kecewa akan senantiasa terlihat dan perasaan jahat lainnya akan berkecamuk di dalam hati.

Bagi seorang ibu muda yang lagi mengalami masa hamil pertama, sudah barang tentu tanda-tanda hamil belum bisa mendeteksi sejak dini.  Lalu bagaimana caranya untuk mendeteksi kehamilan sejak dini.  Berikut ini adalah tanda-tanda kehamilan yang muncul pada diri seorang ibu.

1.  Perubahan bentuk payudara

Perubahan bentuk tersebut adalah payudara akan membesar yang disebabkan oleh hormon esterogen dan hormon progesteron mengalami peningkatan.  Selain itu warna puting susu ibu akan berubah menjadi lebih gelap.  Payudara juga akan terasa lebih lembut dan ketika dipegang akan terasa nyeri.

2.  Datangnya bercak darah/flek

Penyebab munculnya flek atau bercak darah ini diakibatkan oleh proses menempelnya embrio pada dinding rahim yang biasanya diiringi kram perut hingga masa kehamilan trimester kedua.  untuk proses menempelnya embrio ini bisa disebut dengan Implantation bleeding.

3.  Rasa Morning sickness

Morning sickness yang terjadi yaitu rasa mual dan muntah.  Biasanya hal ini akan terjadi pada pagi hari, meskipun ada beberapa kasus juga terjadi pada siang dan malam hari. Gejala mual dan muntah ini juga bisa diakibatkan si ibu mencium bau-bauan atau aroma lainnya. Morning sickness ini disebabkan oleh meningkatnya hormon HCG atau Human Chorionic Gonadotrophin pada darah dan saluran air kencing.  Makanya alat untuk mengetes kehamilan bisa menggunakan Test Pack.  Test pack ini nantinya akan memindai tingkat kadar hormon HCG yang muncul yang melalui saluran air kencing.  Anda bisa melakukan test pack ini setelah menstruasi telat 1 minggu.  Morning sickness ini akan bertahan hingga masa trimester ke 2, apabila melebihi masa tersebut sebaiknya konsultasikan ke dokter.

4.  Sering buang air kecil

Penyebabnya adalah janin yang tumbuh dirahim akan menekan kandung kemih.  Penyebab lainnya juga karena ada peningkatan sirkulasi aliran darah pada si ibu.

5.  Merasa pusing dan sakit kepala

Para ibu akan merasa pusing dan kadang sakit kepala yang disebabkan karena terjadinya perubahan hormonal dan meningkatnya daya kerja organ-organ tubuh penting lainnya. Meningkatnya daya kerja organ tersebut dikarenakan efek dari pertumbuhan janin tersebut.  Organ tersebut adalah jantung, ginjal, paru-paru.

6.  Sakit sembelit

Sembelit ini disebabkan oleh meningkatnya hormon esterogen dan hormon progesteron sehingga otot-otot rahim dan usus akan mengendor.  Tapi sisi baiknya kinerja daya penyerapan nutrisi makanan akan lebih sempurna daripada sebelumnya.

7.  Keinginan untuk meludah.

Sering meludah atau hipersalivasi dipengaruhi oleh meningkatnya hormon esterogen.  Biasanya kebiasaan meludah ini akan bertahan hingga trimester 1 dan akan hilang pada trimester ke 2.

8.  Temperatur basal tubuh akan meningkat

Apa itu suhu basal tubuh?  Suhu basal tubuh yaitu suhu yang diukur pada waktu pagi hari saat masih ditempat tidur dan belum melakukan aktivitas apapun.  Selama masa kehamilan suhu basal tubuh akan lebih tinggi daripada masa tidak hamil.

9.  Rasa ngidam

Nah, ini yang biasanya ibu-ibu tunggu yaitu ngidam.  Biasanya pada awal-awal kehamilan si ibu yang mau hamil akan ngidam buah-buah yang asam.  Kalau ibu merasa ngidam, bisa jadi akan hamil.

Beberapa tanda-tanda hamil tersebut bisa saja berbeda dimasing-masing orang.  Tapi minimal tanda-tanda tersebut akan muncul. 
Tanda-tanda hamil tersebut bisa jadi akan menjadi masalah bagi para wanita yang hamil diluar nikah.  Oleh karena itu, apabila hamil diluar nikah segera bertaubat dan jangan mencoba untuk menggugurkan kandungan karena malah akan menambah dosa besar.
Untuk ibu yang hamil di dalam ikatan pernikahan sudah selayaknya banyak bersyukur, mengingat banyak para ibu yang belum dikarunia anak.  

No comments:

Post a Comment