Manfaat dan Faedah Khitan Pada Anak

khitan
Salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh seorang anak laki-laki adalah khitan.  Meskipun untuk anak perempuan juga diperbolehkan untuk khitan.  Bab mengenai khitan untuk anak perempuan akan kita bahas dilain waktu.  Khitan bagi anak laki-laki mempunyai manfaat yang sangat baik.  Terutama untuk kesehatan si anak tersebut.  Islam adalah agama yang sempurna.  Tata cara hidup sehat sudah diajarkan, termasuk dengan berkhitan untuk anak laki-laki. 

Berikut ini adalah beberapa manfaat dengan khitan pada anak laki-laki
1.  Dengan berkhitan maka akan mengikuti Sunnah Nabi Muhammad SAW.  Kewajiban untuk mengikuti Sunnah Nabi Muhammad terdapat dalam Alquran Surah Al-Hasyr ayat 7 yang artinya

"Apa yang diberikan Rasul kepadamu, Maka terimalah. dan apa yang dilarangnya bagimu, Maka tinggalkanlah. dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Amat keras hukumannya." (Qs. Al-Hasyr:7)

Oleh karena itu, kita sebagai orang tua berkewajiban untuk mengkhitankan anak agar sesuai dan mengikuti Sunnah Nabi Muhammad Saw.

2.  Khitan adalah Wujud pengamalan dari Sunnah para Nabi Dan Rasul karena Allah Swt juga memerintahkannya sesuai dalam firman-NYA dalam Surah An'am ayat 90 yang artinya

"Mereka Itulah orang-orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah, Maka ikutilah petunjuk mereka." (Qs. An'am:90)

Nabi yang pertama kali berkhitan yaitu Nabi Ibrahim Alaihissalam.  Nabi Ibrahim adalah bapaknya para Nabi.  Dan sudah menjadi kewajiban untuk mengikutinya karena para Nabi adalah manusia yang diberi petunjuk.

3.  Sebagai pengamalan dan bukti dalam menjalankan syariat Islam

Nabi Muhammad Saw memerintahkan umatnya agar berkhitan.  Dalam sabda Beliau, "Barang siapa yang masuk Islam hendaklah berkhitan walaupun sudah dewasa."  Perintah untuk khitan juga berlaku untuk seseorang yang baru masuk Islam, sesuai Sabda Nabi Muhammad yang artinya "Hilangkan rambut kekafiranmu dan berkhitanlah."
Dalam riwayat yang melalui Ibnu Abbas dikatakan bahwa orang yang belum berkhitan tidak diterima shalatnya dan tidak boleh dimakan sembelihannya.

4.  Khitan adalah bagian dari Thaharah (Bersuci) dan dengan berkhitan akan menjaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit dan menjaga dari najis.

5.  Khitan sangat mulia, suci dan terhormat bagi wanita

Oleh karena itu sudah sepatutnya untuk mengkhitankan anak laki-laki.  Perintah untuk berkhitan tentunya akan memiliki maslahat untuk manusia.  Jadi, jangan ditinggalkan.  Mengingat khitan untuk jaman sekarang bukanlah hal yang menakutkan lagi.  Sudah banyak dokter-dokter berpengalaman untuk melakukan khitan pada anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat dan Faedah Khitan Pada Anak"